logo Kompas.id
NusantaraDesain Jadi Pete-Pete Modern Makassar Tunggu Mei

Desain Jadi Pete-Pete Modern Makassar Tunggu Mei

Setelah lebih dari dua tahun tanpa kejelasan, pengembangan angkot Pete-Pete Smart di Makassar saat ini difokuskan pada penetapan desain untuk memperoleh surat kelayakan rancang bangun bagi angkutan orang.

Oleh KRISTIAN OKA PRASETYADI
· 1 menit baca
Memuat data...
KOMPAS/KRISTIAN OKA PRASETYADI

Purwarupa mobil angkutan kota Pete-Pete Smart buatan Wali Kota Makassar, Sulawesi Selatan, Ramdhan Pomanto diletakkan di halaman Dinas Perhubungan Kota Makassar, Sabtu (20/4/2019). Pete-Pete Smart diluncurkan pada 2016, tetapi belum dapat beroperasi sampai saat ini karena desainnya menyalahi regulasi angkutan kota yang ditetapkan dalam Peraturan Menteri Nomor 108 Tahun 2017 Penyelenggaraan Angkutan Orang Tidak Dalam Trayek.

MAKASSAR, KOMPAS — Lebih dari dua tahun tanpa kejelasan, pengembangan angkutan kota Pete-Pete Smart di Makassar saat ini difokuskan pada penetapan desain untuk memperoleh surat kelayakan rancang bangun bagi angkutan orang. Desain angkutan itu saat ini belum memenuhi persyaratan daya muat penumpang yang diizinkan.

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Perhubungan Kota Makassar M Iqbal Asnan mengatakan, tim penguji kendaraan dari Direktorat Jenderal Hubungan Darat Kementerian Perhubungan telah meninjau desain purwarupa Pete-Pete Smart. Masih ditemukan beberapa bagian terkait ukuran kendaraan yang harus diperbaiki.

Editor: gesitariyanto
Bagikan
Memuat data..