logo Kompas.id
Kajian DataMudik dan Belanja Lebaran...
Iklan

Mudik dan Belanja Lebaran Ramai di Media Sosial

Sebelum Lebaran, perkara mudik dan persiapan pakaian menjadi dua hal yang paling umum menjadi topik perbincangan warganet dan pemberitaan media massa daring.

Oleh
Yohanes Mega Hendarto
· 6 menit baca
Pengunjung membeli aneka kue kering di Pasar Tambahrejo, Kota Surabaya, Jawa Timur (20/4/2022). Penjualan makanan untuk kebutuhan Lebaran kini mulai meningkat. Dalam satu pekan terakhir, warganet banyak berinteraksi dengan topik informasi kebutuhan Lebaran, salah satunya adalah persiapan makanan saat hari raya Idul Fitri.
KOMPAS/BAHANA PATRIA GUPTA

Pengunjung membeli aneka kue kering di Pasar Tambahrejo, Kota Surabaya, Jawa Timur (20/4/2022). Penjualan makanan untuk kebutuhan Lebaran kini mulai meningkat. Dalam satu pekan terakhir, warganet banyak berinteraksi dengan topik informasi kebutuhan Lebaran, salah satunya adalah persiapan makanan saat hari raya Idul Fitri.

Lebaran tahun ini tampaknya warganet Indonesia sudah merasa terbebas dari bayang-bayang Covid-19. Perbincangan tentang mudik dan persiapan teknis seperti pakaian menjelang Lebaran justru menjadi topik yang menarik perhatian.

Layaknya sebuah perayaan, Idul Fitri atau Lebaran tidak pernah terlepas dari sejumlah persiapan, dari perkara teknis hingga yang batiniah. Meski persiapan batin harus lebih diutamakan, tapi hiruk pikuk berbelanja dan mudik tidak dapat dipungkiri. Ritual mudik menjadi fenomena di ruang publik bagi siapapun untuk pulang ke kampung halaman.

Editor:
ANDREAS YOGA PRASETYO
Bagikan
Logo Kompas
Logo iosLogo android
Kantor Redaksi
Menara Kompas Lantai 5, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 5347 710
+6221 5347 720
+6221 5347 730
+6221 530 2200
Kantor Iklan
Menara Kompas Lantai 2, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 8062 6699
Layanan Pelanggan
Kompas Kring
+6221 2567 6000