logo Kompas.id
SosokJane Campion, Kemenangan untuk Perempuan

Jane Campion, Kemenangan untuk Perempuan

Kepeduliannya dan kekritisannya terhadap perempuan ini selalu termaktub dalam karya-karyanya. Hampir semua filmnya memiliki tokoh utama seorang perempuan dengan berbagai latar belakang, tapi mempunyai kekuatan bertahan.

Oleh
Riana A Ibrahim
· 1 menit baca
Memuat data...
AFP/CHRISTOPHE ARCHAMBAULT

Dalam foto bertanggal 18 Oktober 2021 ini, sutradara asal Selandia Baru, Jane Campion, berpose sebelum pemutaran perdana film terbarunya, The Power of The Dog di Paris, Perancis.

Dalam dunia industri film yang kerap jadi wadah bersuara, perempuan belum sepenuhnya bebas mengambil peran. Namun, kemenangan sutradara Jane Campion (67) sebagai Sutradara Terbaik pada ajang penghargaan Golden Globe ke-79 kian menguatkan perempuan mampu meraih mimpinya tanpa lagi ada batasan.

Campion yang dinobatkan sebagai Best Director for Motion Picture  lewat filmnya The Power of The Dog menjadi perempuan kedua yang memperoleh gelaran ini pada ajang yang sama. Sebelumnya, sutradara Chloe Zhao melalui Nomadland merupakan sutradara pertama yang memecahkan kokohnya tembok persaingan penghargaan yang dihelat oleh Hollywood Foreign Press Association (HFPA).

Editor:
Dahono Fitrianto
Bagikan