logo Kompas.id
SastraBukit yang Tidak Selesai...
Iklan

Bukit yang Tidak Selesai Dibangun

Sejak mendengarkan ocehan Sutaka, warga Bukit Toktok yang mudah percaya, bahkan pada cerita yang paling bohong sekalipun, semakin yakin bahwa Bukit Toktok memang tidak selesai dibangun.

Oleh
Adam Gottar Parra
· 8 menit baca
-
AMPUN SUTRISNO

-

Di kota kecil kami yang dilingkungi bukit-bukit, teronggok sebongkah bukit yang tidak selesai dibangun. Namanya Bukit Toktok. Keadaannya berantakan, mirip proyek mangkrak yang ditinggalkan pemborongnya. Di sana-sini terlihat timbunan tanah dan bongkahan batu yang belum dipasang serta tumpukan biji-bijian yang sudah menjadi fosil. Sedianya, biji-bijian yang didatangkan dari berbagai tempat di luar pulau itu akan ditanam setelah bukit itu jadi, tapi Tuhan keburu meninggalkannya sebelum pekerjaannya selesai.

Sampai sekarang, tidak diketahui alasannya, kenapa Tuhan meninggalkan pekerjaannya. Beberapa kitab suci yang diwariskan para nabi, termasuk yang ditulis oleh leluhur kami, Baloq Ranggot, juga tidak menjelaskan hal itu. Sehingga kami yang tinggal secara turun-temurun di lingkar Bukit Toktok terus bertanya-tanya tentang keberadaan bukit yang ganjil itu. Namun, karena tidak memperoleh jawaban pasti selama berabad-abad, para pembual dan pembohong yang berkeliaran di setiap zaman telah memanfaatkan kekurangan Bukit Toktok untuk meramu berbagai cerita fiktif untuk menipu orang demi tujuan tertentu: dari menggaet anak gadis untuk dijadikan istri kedua hingga kebutuhan mendesak, seperti secangkir kopi. Kendati tak sedikit pula yang memanfaatkannya untuk meraup suara pemilu di bilik TPS sehingga warga Bukit Toktok sering dipimpin atau diwakili oleh para pendusta bermuka licik.

Editor:
MOHAMMAD HILMI FAIQ
Bagikan
Logo Kompas
Logo iosLogo android
Kantor Redaksi
Menara Kompas Lantai 5, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 5347 710
+6221 5347 720
+6221 5347 730
+6221 530 2200
Kantor Iklan
Menara Kompas Lantai 2, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 8062 6699
Layanan Pelanggan
Kompas Kring
+6221 2567 6000