logo Kompas.id
RisetWaspada Masa ”Aman” Penularan di Kalteng

Waspada Masa ”Aman” Penularan di Kalteng

Indeks pengendalian Covid-19 di Kalimantan Tengah tercatat lebih baik dari rata-rata nasional. Disiplin protokol kesehatan dan vaksinasi menjadi tantangan bagi wilayah ini untuk tetap terkendali. Mampukah Kalteng?

Oleh
Budiawan Sidik A
· 1 menit baca
Memuat data...
KOMPAS/DIONISIUS REYNALDO TRIWIBOWO

Dengan diatur jarak, murid SD Negeri Kantan Muara I memulai pelajaran dengan sekolah tatap muka pertama kali di masa pandemi, Senin (20/9/2021). Sekolah di Kabupaten Pulang Pisau, Kalimantan Tengah, itu bisa melaksanakan uji coba pembelajaran tatap muka karena memasuki zona hijau.

Penularan wabah korona di Indonesia terus menurun. Upaya pemerintah untuk mengendalikan wabah untuk sementara waktu menunjukkan hasil yang menggembirakan. Kalimantan Tengah menjadi wilayah yang relatid terkendali meskipun masih menyimpan potensi kenaikan jika tidak dijaga dengan baik.

Dalam kurun waktu sekitar tiga bulan, angka penularan wabah dapat ditekan sangat signifikan. Dari angka penularan tertinggi sekitar 45.000 kasus pada akhir Juli 2021 dapat diturunkan secara gradual hingga menjadi kurang dari 1.000 kasus per hari sejak medio Oktober ini.

Editor:
yohanwahyu
Bagikan