logo Kompas.id
RisetBerapa Bonus Atlet Peraih Medali PON?

Berapa Bonus Atlet Peraih Medali PON?

Ratusan medali sudah dibagikan pada atlet-atlet terbaik yang bertanding di Pekan Olahraga Nasional XX Papua. Peraih medali bakal diganjar ratusan juta rupiah berkat prestasinya.

Oleh Dwi Erianto
· 1 menit baca
Memuat data...
KOMPAS/RONY ARIYANTO NUGROHO

Atlet putri DIY Indah Lupita Sari (tengah) bersama atlet putri Jatim Ari Indah Aprilia (kiri) dan atlet Kalsel Halida Ulfah (kanan) menunjukkan medali yang diperoleh dalam nomor jalan cepat putri cabang atletik PON Papua 2021 di Kuala Kencana, Area PT Freeport Indonesia, Kabupaten Timika, Papua, Sabtu (9/10/2021). Atlet DIY Indah Lupita Sari menjuarai nomor ini.

Tak hanya sarat prestasi, perhelatan Pekan Olahraga Nasional juga penuh gengsi daerah.  Daerah berlomba-lomba menjadi yang terbaik di cabang olahraga demi mengejar gengsi atau citra daerahnya di tingkat nasional. Selain itu, kesuksesan suatu daerah di PON menunjukkan daerah itu dinilai berhasil dalam pembinaan keolahragaan.

Untuk mengejar hal itu, iming-iming bonus besar pun dijanjikan pemerintah daerah bagi atlet agar meraih medali. Semua medali yang didapat atlet PON dihargai dengan nilai uang. Paling tinggi tentu saja medali emas.  Di ajang PON XX, Gubernur Papua menjanjikan bonus Rp 1 miliar bagi peraih medali emas perseorangan, sementara Gubernur Kepulauan Riau menjanjikan Rp 350 juta, dan Gubernur NTB Rp 300 juta untuk sekeping medali emas.

Editor: totosuryaningtyas
Bagikan