logo Kompas.id
RisetKajian DataUrgensi Penguatan Penanganan Pandemi di Tengah Lonjakan Kasus Covid-19

Urgensi Penguatan Penanganan Pandemi di Tengah Lonjakan Kasus Covid-19

Kebijakan PPKM darurat di Jawa dan Bali memberi harapan penurunan laju penularan Covid-19. Namun melihat skala penularan yang juga menguat di luar Pulau Jawa upaya penanganan pandemi tetap harus mendapat perhatian.

Oleh Yoesep Budianto
· 1 menit baca
Memuat data...
Kompas/Wawan H Prabowo

Warga melintasi mural yang dibuat untuk meningkatkan kewaspadaan masyarakat akan bahaya Covid-19 di Kelurahan Kota Bambu Selatan, Palmerah, Jakarta Barat, Jumat (7/2/2021). Pemerintah menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) darurat, 3-20 Juli 2021.

Episentrum penyebaran virus SARS-CoV-2 di Indonesia didominasi wilayah di Pulau Jawa. Namun kenaikan kasus penularan di beberapa wilayah di luar Pulau Jawa patut diwaspadai. Pemerintah daerah perlu melakukan penguatan pemeriksaan, pelacakan, perawatan, serta vaksinasi Covid-19.

Dalam tiga pekan terakhir, kasus terkonfirmasi Covid-19 di Indonesia melonjak tinggi. Bahkan, sejak 26 Juni 2021 kasus positif mencapai lebih dari 20.000 kasus setiap harinya.  Pada 3 Juli 2021, terdapat 27.913 penambahan kasus harian. Penambahan angka positif tersebut merupakan yang tertinggi sejak virus korona melanda Indonesia.

Editor: Toto Suryaningtyas
Bagikan
Memuat data..