logo Kompas.id
Politik & HukumAkhir Masa Kampanye,...
Iklan

Akhir Masa Kampanye, Anies-Muhaimin Fokus Garap Jakarta, Jabar, dan Jatim

Anies-Muhaimin akan lebih gencar menggarap ladang pemilih di DKI Jakarta, Jabar, dan Jatim di sisa masa kampanye.

Oleh
HIDAYAT SALAM
· 4 menit baca
Calon presiden nomor urut 1, Anies Baswedan, menyampaikan orasi politiknya dalam kampanye di Lapangan Reformasi, Kecamatan Percut Sei Tuan, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara, Kamis (1/2/2024).
KOMPAS/NIKSON SINAGA

Calon presiden nomor urut 1, Anies Baswedan, menyampaikan orasi politiknya dalam kampanye di Lapangan Reformasi, Kecamatan Percut Sei Tuan, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara, Kamis (1/2/2024).

JAKARTA, KOMPAS — Kurang dari sepekan masa kampanye Pemilihan Presiden 2024, calon presiden-calon wakil presiden nomor urut 1, Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, akan memperkuat basis pemilih yang berada di Jawa Barat, Jawa Timur, dan DKI Jakarta. Kampanye rapat umum pun akan digelar di tiga provinsi tersebut mulai Kamis hingga Jumat (8-9/2/2024) guna memompa semangat sukarelawan untuk memenangkan Anies-Muhaimin.

Anggota Dewan Pertimbangan Tim Nasional Pemenangan Anies Rasyid Baswedan-Muhaimin Iskandar (Timnas Amin), Syaiful Huda, mengatakan, DKI Jakarta, Jawa Barat, dan Jawa Timur akan menyumbang banyak suara bagi pasangan kandidat nomor urut 1. Karena itu, penting bagi Anies dan Muhaimin untuk menguatkan soliditas pendukung di tiga wilayah tersebut.

Baca Berita Seputar Pemilu 2024
Pahami informasi seputar pemilu 2024 dari berbagai sajian berita seperti video, opini, Survei Litbang Kompas, dan konten lainnya.
Kunjungi Halaman Pemilu

”Sisa kampanye ini kami ingin menguatkan basis yang selama ini dari berbagai survei dan internal kami kuat . Maka itu, perlu di tiga provinsi kami kuatkan kembali dengan ditutup di DKI Jakarta,” ujar Huda pada Sabtu (3/2/2024).

Baca juga: Jurus Sukarelawan demi Kemenangan Pemimpin Pilihan

Wakil Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Jazilul Fawaid (kiri) dan Wakil Sekretaris Jenderal PKB Syaiful Huda saat memberikan materi pembuka diskusi "Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Mendengar: Gus Imin Pilih Siapa? " di Kantor DPP PKB, Jakarta, Selasa (1/8/2023).
KOMPAS/RONY ARIYANTO NUGROHO

Wakil Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Jazilul Fawaid (kiri) dan Wakil Sekretaris Jenderal PKB Syaiful Huda saat memberikan materi pembuka diskusi "Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Mendengar: Gus Imin Pilih Siapa? " di Kantor DPP PKB, Jakarta, Selasa (1/8/2023).

Huda menjelaskan, strategi kampanye yang dijalankan tim, sukarelawan, dan paslon sejauh ini dianggap berhasil meningkatkan elektabilitas pasangan nomor urut 1. Untuk itu, pihaknya juga memanfaatkan sisa kampanye dengan menyasar wilayah potensi suara bagi pasangan Amin.

Saat ini, Timnas Amin akan menggencarkan program Desak Anies dan Slepet Imin untuk diselenggarakan di beberapa wilayah potensial suara. Menurut Huda, program dialog ini terbukti menjadi model kampanye yang disukai masyarakat dan paslon lain tidak menjalankan program tersebut.

Timnas Amin, ucap Huda, juga akan mengantisipasi blunder-blunder yang bisa mengancam elektabilitas Anies-Muhaimin. Selama dua bulan kampanye, Timnas Amin sudah rutin melakukan evaluasi untuk mengantisipasi munculnya hal-hal yang dapat mengancam elektabilitas.

Sisa kampanye ini kami ingin menguatkan basis yang selama ini dari berbagai survei dan internal kami kuat.Maka itu, perlu di tiga provinsi kami kuatkan kembali dengan ditutup di DKI Jakarta

”Kami sedang memperbanyak titik lokasi Desak Anies dan Slepet Imin karena cukup luar biasa diterima pemilih,” kata Huda.

Iklan

Huda berharap debat pamungkas yang akan digelar pada Minggu (4/2/2024) dapat menaikkan elektoral dari para pemilih kritis yang belum menentukan pilihannya. ”Kami masih berusaha untuk menggaet 12 persen pemilih dari hasil survei yang mereka baru menentukan pilihannya setelah debat pilpres. Kami yakin Pak Anies akan tampil baik saat debat,” katanya.

Kemenangan di Jatim

Saat berkampanye di Lapangan Randuagung, Lumajang, Jawa Timur, Sabtu (3/2/2024), Muhaimin Iskandar meminta mesin partai dan sukarelawan bergerak maksimal untuk memenangkan Anies-Muhaimin di Jawa Timur. Sebagai wilayah basis suara dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Muhaimin ingin kerja pemenangan pemilihan legislatif dapat satu irama dengan pemilihan presiden.

”Tentu PKB dan partai koalisi menang di Jawa Timur. Harus seirama dengan kemenangan Amin. Insya Allah Jawa Timur tetap menjadi basis kemenangan kami,” ujar Muhaimin yang juga Ketua Umum PKB itu.

Pasangan calon nomor urut 1, Anies Baswedan dan Muhaimin Iskanda,r tanya jawab bersama masyarakat dalam agenda Desak Anies x Slepet Imin di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Senin (29/1/2024).
KOMPAS/WILLY MEDI CHRISTIAN NABABAN

Pasangan calon nomor urut 1, Anies Baswedan dan Muhaimin Iskanda,r tanya jawab bersama masyarakat dalam agenda Desak Anies x Slepet Imin di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Senin (29/1/2024).

Menurut Muhaimin, para caleg, kader partai, dan pendukung merupakan ujung tombak untuk memenangkan pasangan Anies-Muhaimin. ”Saya optimistis karena caleg, kader, pendukung, dan simpatisan semua ini ujung tombak akhir dari proses kampanye,” ucap Muhaimin.

Pada kesempatan itu, Muhaimin juga berjanji akan meneruskan pembangunan yang baik serta menghentikan pembangunan yang salah, jika nanti terpilih dalam Pilpres 2024. Ia mencontohkan program food estate yang memakan anggaran puluhan triliun itu telah gagal sehingga harus dihentikan. Menurut dia, anggaran tersebut lebih baik dialokasikan untuk subsidi pupuk bagi para petani, subsidi BBM untuk kapal nelayan, dan modal untuk para peternak.

Baca juga: Anies dan Prabowo Ekspansif, Ganjar Pilih Jaga Basis Suara

Muhaimin juga mengajak masyarakat di Lumajang untuk merapatkan barisan dan meminta doa agar pasangan Anies-Muhaimin dapat memenangi Pilpres 2024. Dengan dukungan tersebut, Anies-Muhaimin mampu membawa kemakmuran bagi bangsa Indonesia.

Dukungan Alumni ITS Surabaya

Sementara itu, di Jakarta, Executive Co-Captain Timnas Anies-Muhaimin, Sudirman Said, menerima deklarasi dukungan dari Alumni Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya yang tergabung dalam Keluarga Besar Alumni ITS Pro Perubahan.

Mantan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Sudirman Said dalam peluncuran buku antologi keduanya, <i>Bergerak dengan Kewajaran</i>, Kamis (30/11/2023), di Jakarta.
KOMPAS/NORBERTUS ARYA DWIANGGA MARTIAR

Mantan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Sudirman Said dalam peluncuran buku antologi keduanya, Bergerak dengan Kewajaran, Kamis (30/11/2023), di Jakarta.

Sudirman mengatakan, dukungan alumni ITS menjadi energi tambahan di menit akhir kampanye untuk memenangkan pasangan Anies-Muhaimin. Ia berharap dukungan alumni ITS ini bisa membawa gerakan perubahan menjadi semakin nyata.

”Insya Allah dukungan alumni ITS menjadi energi tambahan di menit terakhir. Ibarat permainan sepak bola, energi sedang turun, kemudian dapat energi tambahan. Makin hari makin banyak dukungan,” katanya.

Editor:
ANITA YOSSIHARA
Bagikan
Logo Kompas
Logo iosLogo android
Kantor Redaksi
Menara Kompas Lantai 5, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 5347 710
+6221 5347 720
+6221 5347 730
+6221 530 2200
Kantor Iklan
Menara Kompas Lantai 2, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 8062 6699
Layanan Pelanggan
Kompas Kring
+6221 2567 6000