logo Kompas.id
Politik & HukumKembali Kunjungi Jabar,...
Iklan

Kembali Kunjungi Jabar, Prabowo Ditengarai Tengah Pastikan Kemenangan di Basis Lama

Dalam satu pekan masa kampanye terbuka, Prabowo dua kali menyapa ribuan pendukungnya di Jawa Barat.

Oleh
DIAN DEWI PURNAMASARI
· 3 menit baca
Calon presiden nomor urut 2, Prabowo Subianto, menyapa pendukungnya saat berkampanye di Lapangan Jatipamor, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat, Minggu (21/1/2024). Dalam pidatonya, Prabowo berjanji akan bekerja sekeras-kerasnya demi kemakmuran rakyat.
KOMPAS/ABDULLAH FIKRI ASHRI

Calon presiden nomor urut 2, Prabowo Subianto, menyapa pendukungnya saat berkampanye di Lapangan Jatipamor, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat, Minggu (21/1/2024). Dalam pidatonya, Prabowo berjanji akan bekerja sekeras-kerasnya demi kemakmuran rakyat.

JAKARTA, KOMPAS —Calon presiden nomor urut 2, Prabowo Subianto, Sabtu (27/1/2024), kembali mengunjungi Provinsi Jawa Barat. Dalam kunjungan keduanya ke Jabar selama masa kampanye terbuka ini, Ketua Umum Partai Gerindra tersebut menyapa ribuan sukarelawan pendukungnya di Lapangan Desa Rawalele, Kecamatan Dawuan, Kabupaten Subang. Langkah Prabowo yang intens berkunjung ke Jabar itu ditengarai dijalankan untuk memastikan kemenangan di basis suara lamanya.

Dalam acara Deklarasi dan Kampanye Akbar Pemenangan Prabowo-Gibran itu, Prabowo menerima dukungan dari masyarakat Subang dan sukarelawan yang tergabung dalam Sahabat Bang Ara & Kang Jimat. Bang Ara adalah panggilan dari Maruarar Sirait yang baru saja keluar dari keanggotaannya di Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P). Adapun Kang Jimat adalah eks Bupati Subang Ruhimat yang sebelumnya juga merupakan kader PDI-P.

Baca Berita Seputar Pemilu 2024
Baca Berita Seputar Pemilu 2024
Pahami informasi seputar pemilu 2024 dari berbagai sajian berita seperti video, opini, Survei Litbang Kompas, dan konten lainnya.
Kunjungi Halaman Pemilu

”Terima kasih saudara berdiri berjam-jam menunggu saya, saudara di panas-panas. Terima kasih semuanya,” ujar Prabowo di hadapan para pendukungnya, seperti disampaikan dalam rilis yang diterima Kompas, Sabtu.

Warga antusias menyambut kehadiran calon presiden nomor urut 2, Prabowo Subianto, yang berkampanye di Lapangan Jatipamor, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat, Minggu (21/1/2024).
KOMPAS/ABDULLAH FIKRI ASHRI

Warga antusias menyambut kehadiran calon presiden nomor urut 2, Prabowo Subianto, yang berkampanye di Lapangan Jatipamor, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat, Minggu (21/1/2024).

Dalam acara deklarasi yang juga dihadiri Ketua Tim Kampanye Daerah (TKD) Jawa Barat Ridwan Kamil itu, warga dengan antusias menyambut kehadiran Prabowo. Mereka juga terus meneriakkan nama Prabowo yang datang dengan mengenakan kemeja berawarna biru muda. Menteri Pertahanan itu kemudian membalasnya dengan berjoget ”gemoy” sebagai tanda terima kasih.

Perjuangkan rakyat kecil

Di hadapan ribuan warga Kabupaten Subang itu, Prabowo kembali menyampaikan komitmennya untuk terus memperjuangkan hidup rakyat kecil. ”Petani-petani kami akan makmur, nelayan-nelayan akan makmur, karyawan-karyawan, pekerja-pekerja di pabrik akan hidup dengan baik. Itu perjuangan kami, itu perjuangan saya, itu komitmen saya untuk rakyat Indonesia,” kata Prabowo.

Ia juga memastikan akan melanjutkan kerja-kerja yang telah dilakukan Presiden Joko Widodo. Semua program kerja kelanjutan dari Jokowi itu, menurut dia, bertujuan untuk menghilangkan kemiskinan dari bumi Indonesia.

https://cdn-assetd.kompas.id/RdH-AagXYDKr1rQ0X9AP4PtAllU=/1024x1615/https%3A%2F%2Fasset.kgnewsroom.com%2Fphoto%2Fpre%2F2023%2F12%2F18%2Fc8b34bc6-9daf-4f9a-8c95-5b7893c05d1c_png.png
Iklan

Prabowo juga berjanji untuk mengentaskan rakyat dari kemiskinan dengan cara penyediaan lapangan kerja, serta memenuhi gizi anak dengan memberikan susu dan makan siang gratis. ”Insya Allah dengan dukungan seluruh rakyat, kami akan segera mulai program makan bergizi untuk seluruh anak-anak Indonesia,” ujarnya.

Sejak masa kampanye terbuka atau rapat umum dimulai pada Minggu (21/1/2024) hingga sekarang, Prabowo sudah dua kali menghadiri acara yang melibatkan banyak massa di Jabar. Sebelumnya, pada Minggu pekan lalu, Prabowo menghadiri deklarasi dukungan dari Sahabat Ara, sukarelawan pendukungnya, di Majalengka. Deklarasi itu juga dihadiri Maruarar Sirait.

Baca juga: Di Majalengka, Prabowo Kampanye Didampingi Maruarar Sirait

Acara Prabowo di Majalengka itu sempat menjadi polemik karena dianggap berkampanye tidak sesuai dengan zonasi yang ditentukan oleh KPU. Ada kekhawatiran, kampanye yang tak sesuai zonasi akan memicu gesekan atau bentrok antarpendukung.

Prabowo tengah merawat basis suara lama dengan intens berkunjung ke Jabar. Pada Pemilu 2019 lalu, Prabowo mendapatkan perolehan suara yang cukup besar di Jabar.

Direktur Eksekutif Voxpol Centre Research and Consulting Pangi Syarwi Chaniago melihat, Prabowo tengah merawat basis suara lama dengan intens berkunjung ke Jabar. Pada Pemilu 2019 lalu, Prabowo mendapatkan perolehan suara yang cukup besar di Jabar.

Namun, lanjut Pangi, situasi pada Pilpres 2024 ini sudah berbeda. Sebab, ada kandidat lain, yaitu Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar, yang juga memiliki basis massa kuat di Jabar. Hal ini berarti, ada dua pasangan calon yang akan berebut suara di ceruk yang sama, yakni Jabar.

”Wilayah Jawa Barat termasuk wilayah tulang punggung elektoral pemenangan Pilpres 2024. Artinya, bagi siapa pun Jabar tetap menjadi kunci atau penentu dari semua calon presien. Tetapi, untuk Pak Prabowo, itu memang pada tahun 2019 menang telak di Jawa Barat,” ujar Pangi.

https://cdn-assetd.kompas.id/ZfcjrUzqQ6o3hbWfQIOI8Psu_u4=/1024x712/filters:watermark(https://cdn-content.kompas.id/umum/kompas_main_logo.png,-16p,-13p,0)/https%3A%2F%2Fasset.kgnewsroom.com%2Fphoto%2Fpre%2F2019%2F03%2F29%2Fdfe9276c-47d5-4eb6-aa03-79ba89353f53_jpg.jpg

Analis politik Voxpol Center Research and Consulting Pangi Syarwi Chaniago

Pangi menengarai, Prabowo intens berkunjung ke Jabar untuk memastikan basis suara lamanya solid sehingga bisa kembali menang di Jabar. Kehadiran sejumlah tokoh, seperti Ridwan Kamil, akan menjadi magnet elektoral tersendiri bagi Prabowo. Sebab, sebagai mantan Gubernur Jabar, Ridwan Kamil tentu masih memiliki pendukung atau basis massa yang loyal terhadapnya.

”Walaupun tidak mudah untuk mengulang kemenangan Pilpres 2019, nanti harus dilihat efektivitas dari kampanye akbar itu. Pak Prabowo harus bisa mengembalikan kantong-kantong dukungannya. Sebab, kalau Anies naik elektabilitasnya di sana, Prabowo pasti juga akan turun,” ujarnya.

Editor:
ANITA YOSSIHARA
Bagikan
Logo Kompas
Logo iosLogo android
Kantor Redaksi
Menara Kompas Lantai 5, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 5347 710
+6221 5347 720
+6221 5347 730
+6221 530 2200
Kantor Iklan
Menara Kompas Lantai 2, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 8062 6699
Layanan Pelanggan
Kompas Kring
+6221 2567 6000