logo Kompas.id
Politik & HukumProgram Susu Gratis Dapat...
Iklan

Program Susu Gratis Dapat Saingan, Kubu Ganjar-Mahfud Janjikan Telur Gratis

Program pembagian telur akan diintegrasikan di program KTP Sakti yang jadi salah satu program prioritas Ganjar-Mahfud.

Oleh
HIDAYAT SALAM
· 3 menit baca
Sekretaris Jenderal Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan Hasto Kristiyanto secara simbolis menanam tanaman di area  sekitar Rumah Susun Tanah Tinggi, Kecamatan Johar Baru, Jakarta Pusat, Minggu (14/1/2024). Kegiatan ini bagian dari perayaan HUT Ke-51 PDI-P.
KOMPAS/HIDAYAT SALAM

Sekretaris Jenderal Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan Hasto Kristiyanto secara simbolis menanam tanaman di area sekitar Rumah Susun Tanah Tinggi, Kecamatan Johar Baru, Jakarta Pusat, Minggu (14/1/2024). Kegiatan ini bagian dari perayaan HUT Ke-51 PDI-P.

Kubu capres-cawapres nomor urut 3, Ganjar Pranowo-Mahfud MD, tak ingin kalah dengan kompetitornya, capres-cawapres nomor urut 2, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka. Jika kubu Prabowo-Gibran membagikan susu gratis, kubu Ganjar-Mahfud kini membagi-bagikan telur. Telur dianggap lebih baik dibandingkan dengan susu.

Di Rumah Susun Tanah Tinggi, Kecamatan Johar Baru, Jakarta Pusat, Minggu (14/1/2024), Sekretaris Jenderal Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) Hasto Kristiyanto membagikan telur rebus bagi setiap keluarga. Masing-masing memperoleh tiga telur rebus.

Baca Berita Seputar Pemilu 2024
Baca Berita Seputar Pemilu 2024
Pahami informasi seputar pemilu 2024 dari berbagai sajian berita seperti video, opini, Survei Litbang Kompas, dan konten lainnya.
Kunjungi Halaman Pemilu

Total ada 1.500 telur rebus yang dibagikan kepada penghuni rusun. Pembagian telur rebus disebut sebagai bagian dari upaya untuk memenuhi gizi untuk ibu hamil dan anak yang menjadi komitmen dari PDI-P dan calon presiden-wakil presiden yang diusung PDI-P, yakni Ganjar-Mahfud.

”Telur ini dimasak oleh ibu-ibu di setiap RT dan kemudian dibagikan untuk menambah asupan gizi bagi anak-anak kita karena kebutuhan gizi penting dalam menyiapkan masa depan bangsa,” ujar Hasto. Penyiapan telur rebus sekaligus upaya gotong royong dari PDI-P dan seluruh tim Pemenangan Ganjar-Mahfud.

Baca juga: Adu Jurus Capres Memikat Hati Pemilih

Sekretaris Jenderal Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan Hasto Kristiyanto membagikan telur rebus kepada warga di Rumah Susun Tanah Tinggi, Kecamatan Johar Baru, Jakarta Pusat, Minggu (14/1/2024).
KOMPAS/HIDAYAT SALAM

Sekretaris Jenderal Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan Hasto Kristiyanto membagikan telur rebus kepada warga di Rumah Susun Tanah Tinggi, Kecamatan Johar Baru, Jakarta Pusat, Minggu (14/1/2024).

Hasto sempat membandingkan program bagi telur itu dengan program makan siang dan susu gratis yang diusung oleh Prabowo-Gibran.

Ia mengklaim telur lebih baik daripada program bagi susu. Menurut dia, susu lebih banyak mengandung glukosa dan gula sehingga tidak baik bagi pertumbuhan anak.

”Kami memberikan telur karena ini secara empiris, menurut para ahli gizi, telur kaya protein, bagus tidak hanya mencegah stunting, juga (baik) dalam pertumbuhan kecerdasan anak-anak kita,” kata Hasto.

Selain itu, menurut dia, program pembagian telur lebih baik dibandingkan dengan program susu dari sudut pandang kesehatan, anggaran, ataupun kedaulatan pangan. ”Telur ini diproduksi oleh rakyat Indonesia, bukan impor. Kalau Prabowo-Gibran, susunya impor, bahkan ada dari Australia. Makanya, kita membangun semangat berdikari di dalam mengatasi stunting,” ucapnya.

Iklan

Baca juga: Saat ”Ketua Penguin” dan Sandiaga Uno Berlari Bersama

Sekretaris Jenderal Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan Hasto Kristiyanto blusukan dan menyapa warga yang tinggal di Rumah Susun Tanah Tinggi, Kecamatan Johar Baru, Jakarta Pusat, Minggu (14/1/2024).
KOMPAS/HIDAYAT SALAM

Sekretaris Jenderal Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan Hasto Kristiyanto blusukan dan menyapa warga yang tinggal di Rumah Susun Tanah Tinggi, Kecamatan Johar Baru, Jakarta Pusat, Minggu (14/1/2024).

Sekretaris Tim Pemenangan Nasional Ganjar-Mahfud itu menjelaskan, sebanyak 21 program kerakyatan yang diusung pasangan Ganjar-Mahfud berfokus pada kesejahteraan. Program pembagian telur tersebut nantinya akan diintegrasikan dalam program KTP Sakti (Satu Kartu Terpadu Indonesia) yang masuk ke dalam 21 program prioritas tersebut.

Dengan KTP Sakti, setiap program bantuan dijanjikan akan lebih tepat sasaran dan memudahkan keberpihakan negara di dalam memberikan pelayanan terbaiknya bagi rakyat miskin. KTP Sakti ini juga untuk memastikan bantuan sosial dari pemerintah semakin mudah diakses.

”Program bagi telur ini nanti semua akan diintegrasikan dalam KTP Sakti. Jadi, satu kartu dan data akan terus diperbarui. Ibu-ibu hamil, misalnya, maka harus mendapatkan pelayanan kesehatan dan kepenuhan gizi dan asupannya, seperti kacang hijau yang kaya vitamin B, telurnya, kemudian beberapa suplemen dengan vitamin C,” ucapnya.

Saat blusukan dan menyapa warga yang tinggal di Rusun Tanah Tinggi, Hasto mengakui masih menemui keluhan warga yang tidak menerima Bantuan Langsung Tunai (BLT) dari pemerintah. Banyak bantuan dari pemerintah justru diterima bukan oleh warga yang lagi membutuhkan. Karena itu, KTP Sakti kembali dijanjikannya bisa mengatasi problem itu.

Lebih jauh, menurut dia, KTP Sakti dapat menjadi solusi untuk mengentaskan rakyat dari kemiskinan. Sebab, cakupannya tidak hanya bantuan pendidikan, kesehatan, dan kebutuhan pokok, tetapi juga mencakup bantuan pupuk dan lainnya.

Ketua RW 014 Rusun Tanah Tinggi Wahidin membenarkan distribusi bantuan sosial meski belum tepat sasaran. Masih banyak warganya yang memenuhi kriteria penerima bantuan, tetapi belum menerimanya. Selain soal bantuan yang belum merata, warga mengharapkan kian terbukanya lapangan pekerjaan dan perbaikan rusun.

Baca juga: Punya Pengaruh Besar, Capres-Cawapres Intens Konsolidasikan Kekuatan Sukarelawan

Ekspresi calon presiden Prabowo Subianto setelah menambahkan potongan daging pada masakan yang hendak dibagikan kepada warga saat berkampanye di Saung Kita, Cilincing, Jakarta Utara, Jumat (8/12/2023).
KOMPAS/RONY ARIYANTO NUGROHO

Ekspresi calon presiden Prabowo Subianto setelah menambahkan potongan daging pada masakan yang hendak dibagikan kepada warga saat berkampanye di Saung Kita, Cilincing, Jakarta Utara, Jumat (8/12/2023).

Menyikapi program bagi telur gratis, Komandan Tim Kampanye Nasional (TKN) Fanta Prabowo-Gibran, M Arief Rosyid Hasan, mengatakan, program makan siang dan susu gratis yang diusung Prabowo-Gibran memiliki potensi ekonomi dan kesehatan yang bernilai tinggi. Program tersebut diyakini bisa bermanfaat bagi masyarakat.

Program makan siang dan susu gratis akan memastikan gizi anak-anak terpenuhi. Tak hanya itu, lapangan kerja baru akan terbuka dan para pelaku usaha mikro kecil menengah, khususnya di bidang kuliner, akan mendapatkan manfaat ekonomi dari program tersebut.

”Jadi, potensi ekonominya tinggi, potensi sehatnya juga akan ada sehingga Indonesia emas, Indonesia maju (terwujud) bukan sekadar di awang-awang. Memang ini menyentuh persoalan yang kita hadapi,” kata Arief.

Jadi, lebih tertarik yang mana? Telur gratis atau susu gratis?

Editor:
ANTONIUS PONCO ANGGORO
Bagikan
Logo Kompas
Logo iosLogo android
Kantor Redaksi
Menara Kompas Lantai 5, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 5347 710
+6221 5347 720
+6221 5347 730
+6221 530 2200
Kantor Iklan
Menara Kompas Lantai 2, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 8062 6699
Layanan Pelanggan
Kompas Kring
+6221 2567 6000