logo Kompas.id
Politik & HukumGanjar Sapa Warga dan Berjumpa...
Iklan

Ganjar Sapa Warga dan Berjumpa FX Hadi Rudyatmo di CFD Surakarta

Capres nomor urut 3, Ganjar Pranowo, mengunjungi ”car free day” di Kota Surakarta, Jawa Tengah. Hangatnya sambutan warga diapresiasi Ganjar. FX Hadi Rudyatmo bertemu capres nomor urut 3 itu di CFD.

Oleh
NINO CITRA ANUGRAHANTO
· 2 menit baca
Capres nomor urut 3, Ganjar Pranowo (tengah), berfoto bersama warga setelah bermain tenis meja sewaktu mengunjungi <i>car free day</i> di Kota Surakarta, Jawa Tengah, Minggu (24/12/2023).
KOMPAS/NINO CITRA ANUGRAHANTO

Capres nomor urut 3, Ganjar Pranowo (tengah), berfoto bersama warga setelah bermain tenis meja sewaktu mengunjungi car free day di Kota Surakarta, Jawa Tengah, Minggu (24/12/2023).

SURAKARTA, KOMPAS — Calon presiden nomor urut 3, Ganjar Pranowo, berkunjung ke gelaran hari bebas kendaraan bermotor atau car free day di Kota Surakarta, Jawa Tengah, Minggu (24/12/2023). Ia menyapa para warga sambil berolahraga santai. Tingginya antusiasme masyarakat setempat selalu diapresiasi olehnya.

Ganjar tiba sekitar pukul 06.30. Ia menyusuri gelaran car free day (CFD) yang berlangsung di Jalan Slamet Riyadi dengan berjalan kaki. Jersei hitam lengan panjang dan celana olahraga pendek dikenakannya dalam kesempatan itu.

Baca Berita Seputar Pemilu 2024
Baca Berita Seputar Pemilu 2024
Pahami informasi seputar pemilu 2024 dari berbagai sajian berita seperti video, opini, Survei Litbang Kompas, dan konten lainnya.
Kunjungi Halaman Pemilu

Selama berjalan kaki, Ganjar berkali-kali disapa warga yang sama-sama sedang beraktivitas di tempat tersebut. Senyum dilemparkannya kepada setiap orang yang dijumpainya. Sesekali ia juga diajak bersalaman dan berfoto bersama warga.

Baca juga: Menengok Safari Natal Para Kandidat Pilpres

Ganjar Pranowo berjalan santai saat mengunjungi <i>car free day</i> di Kota Surakarta, Jawa Tengah, Minggu (24/12/2023).
KOMPAS/NINO CITRA ANUGRAHANTO

Ganjar Pranowo berjalan santai saat mengunjungi car free day di Kota Surakarta, Jawa Tengah, Minggu (24/12/2023).

Langkah Ganjar terhenti setelah ia melewati rumah dinas Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka. Seperti diketahui, putra sulung Presiden Joko Widodo itu juga turut serta dalam kontestasi Pilpres 2024 mendampingi Prabowo Subianto. Hanya saja, bukan Gibran yang mendorong Ganjar menghentikan langkahnya.

Alasan Ganjar berhenti sejenak karena ia melihat istrinya, Atikoh, yang sedang asyik bermain tenis meja di seberang jalan dekat rumah dinas tersebut. Lawan bermain Atikoh adalah Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) Kota Surakarta FX Hadi Rudyatmo, yang akrab disapa Rudy.

Ganjar pun mendekati kedua sosok itu. Lantas, mereka bermain bersama. Ganjar berpasangan dengan Atikoh melawan Rudy yang berpasangan dengan seorang warga lainnya.

Iklan
Capres nomor urut 3, Ganjar Pranowo, bersama istrinya, Atikoh, bermain tenis meja sewaktu mengunjungi <i>car free day</i> di Kota Surakarta, Jawa Tengah, Minggu (24/12/2023).
KOMPAS/NINO CITRA ANUGRAHANTO

Capres nomor urut 3, Ganjar Pranowo, bersama istrinya, Atikoh, bermain tenis meja sewaktu mengunjungi car free day di Kota Surakarta, Jawa Tengah, Minggu (24/12/2023).

Solo (Surakarta) setiap CFD (car free day) mesti antusias. Ini salah satu CFD terbaik.

Permainan mereka menarik perhatian warga setempat. Oleh karena itu, warga yang kebetulan lewat berkerumun mengelilingi meja tenis tempat mereka bermain. Lebih kurang 30 menit lamanya permainan santai mereka berlangsung.

Setelah itu, Ganjar kembali melanjutkan perjalanannya menyusuri jalan tersebut. Kini giliran para pedagang kaki lima yang memanggil-manggil namanya. Ganjar membalas panggilan itu dengan melambaikan tangan.

Di sela-sela perjalanannya, Ganjar menyempatkan sarapan sejenak di salah satu lapak pedagang kaki lima. Menu yang dipilihnya berupa nasi liwet. Tampak Ganjar berinteraksi dengan pelanggan lainnya yang kebetulan bersantap pagi sambil duduk lesehan di lapak itu.

Solo (Surakarta) setiap CFD (car free day) mesti antusias. Ini salah satu CFD terbaik,” kata Ganjar.

Baca juga: Polarisasi Tak Lagi Terasa, Bawaslu Tetap Awasi Pelanggaran Pemilu di Internet

Capres nomor urut 3, Ganjar Pranowo, berjalan santai sambil melayani foto bersama warga saat mengunjungi <i>car free day</i> di Kota Surakarta, Jawa Tengah, Minggu (24/12/2023).
KOMPAS/NINO CITRA ANUGRAHANTO

Capres nomor urut 3, Ganjar Pranowo, berjalan santai sambil melayani foto bersama warga saat mengunjungi car free day di Kota Surakarta, Jawa Tengah, Minggu (24/12/2023).

Keguyuban dan keramahan masyarakat mendorong Ganjar untuk memberikan predikat terbaik bagi CFD di Surakarta. Kedua hal itu membuat gelaran tersebut terasa hangat.

FX Rudy mengaku tak sengaja bisa berjumpa Ganjar dan Atikoh dalam gelaran tersebut. Sebenarnya, ia hanya ingin bersepeda pagi seperti biasanya. Ia pun mampir ke area tenis meja juga karena sekadar ingin bermain sejenak.

”Spontan saja saya ke sini. Buat apa pengondisian? Saya kalau bersepeda dan ingin bermain tenis meja memang langsung ke sini,” kata FX Rudy.

Editor:
NELI TRIANA
Bagikan
Logo Kompas
Logo iosLogo android
Kantor Redaksi
Menara Kompas Lantai 5, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 5347 710
+6221 5347 720
+6221 5347 730
+6221 530 2200
Kantor Iklan
Menara Kompas Lantai 2, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 8062 6699
Layanan Pelanggan
Kompas Kring
+6221 2567 6000