logo Kompas.id
Politik & HukumDukungan dari Indonesia Timur ...
Iklan

Dukungan dari Indonesia Timur Bermunculan, Timnas AMIN: Efek Jusuf Kalla

Dukungan sejumlah elemen masyarakat dari Indonesia timur kepada Anies-Muhaimin bermunculan beberapa hari setelah Jusuf Kalla menyatakan mendukung pasangan kandidat nomor urut 1 tersebut.

Oleh
HIDAYAT SALAM
· 2 menit baca
Kapten Tim Pemenangan Nasional Anies-Muhaimin (Timnas AMIN) Muhammad Syaugi Alaydrus bersama sukarelawan yang tergabung dalam Laskar Pembela Keadilan dan Keberpihakan Masyarakat (LPKKM) di Jakarta, Minggu (24/12/2023)
KOMPAS/HIDAYAT SALAM

Kapten Tim Pemenangan Nasional Anies-Muhaimin (Timnas AMIN) Muhammad Syaugi Alaydrus bersama sukarelawan yang tergabung dalam Laskar Pembela Keadilan dan Keberpihakan Masyarakat (LPKKM) di Jakarta, Minggu (24/12/2023)

JAKARTA, KOMPAS — Pernyataan dukungan politik Wakil Presiden ke-10 dan ke-12 RI Jusuf Kalla terhadap pasangan Anies Rasyid Baswedan-Abdul Muhaimin Iskandar, beberapa waktu lalu, mulai menunjukkan dampak positif bagi pasangan kandidat nomor urut 1 tersebut. Sejumlah elemen masyarakat yang mayoritas berasal dari wilayah timur Indonesia mulai memberikan dukungan kepada Anies-Muhaimin.

Dukungan salah satunya muncul dari Laskar Pembela Keadilan dan Keberpihakan Masyarakat (LPKKM). Dukungan kelompok sukarelawan yang merupakan gabungan dari tujuh elemen masyarakat itu diterima secara simbolis oleh Kapten Tim Pemenangan Nasional Anies-Muhaimin (Timnas AMIN) Muhammad Syaugi Alaydrus di Jakarta, Minggu (24/12/2023).

Baca Berita Seputar Pemilu 2024
Pahami informasi seputar pemilu 2024 dari berbagai sajian berita seperti video, opini, Survei Litbang Kompas, dan konten lainnya.
Kunjungi Halaman Pemilu

”LPKKM terdiri dari gabungan tujuh elemen masyarakat yang kebanyakan dari daerah timur, misalnya kelompok Solidaritas Warga Lintas Maluku, Laskar Bugis Makassar Indonesia, Garda Bintang Timur, dan Persaudaraan Timur Raya. Apalagi, dukungan ini terjadi setelah deklarasi secara terbuka Pak Jusuf Kalla beberapa hari lalu. Kami sangat bersyukur dan berterima kasih,” kata Syaugi.

Baca juga: Jusuf Kalla: Anies adalah Calon Pemimpin yang Tepat

Dukungan Jusuf Kalla terhadap pasangan Anies-Muhaimin disampaikan saat pria yang kerap dipanggil JK itu menghadiri acara silaturahmi yang digelar Presidium Gerakan Rakyat Sulawesi Selatan yang juga Timnas AMIN di Makassar, Sulawesi Selatan, Selasa (19/12/2023) malam. Sejumlah alasan disampaikan JK, salah satunya Anies merupakan murid politiknya.

https://cdn-assetd.kompas.id/JDVzC3iyeUSlLw5XzHanRT2v0LM=/1024x683/filters:watermark(https://cdn-content.kompas.id/umum/kompas_main_logo.png,-16p,-13p,0)/https%3A%2F%2Fasset.kgnewsroom.com%2Fphoto%2Fpre%2F2023%2F10%2F07%2F002dc177-6fa6-4111-945f-d829764ffe5e_jpg.jpg

Bakal calon presiden Anies Baswedan bertemu Jusuf Kalla membahas isu kebangsaan, Sabtu (7/10/2023).

Iklan

Syaugi mengungkapkan, figur Jusuf Kalla sangat berpengaruh, terutama di wilayah Indonesia timur. Dukungan dari Jusuf Kalla membuat banyak elemen masyarakat kemudian menyatakan dukungan kepada pasangan Anies-Muhaimin. Dukungan terbuka ini dinilai semakin menandakan adanya gerakan perubahan kian masif di daerah-daerah bagian timur Indonesia.

Timnas AMIN, lanjut Syaugi, akan menyambut baik dukungan dari para sukarelawan, tokoh-tokoh, masyarakat, partai politik, dan lainnya. Sebab, untuk memenangi Pilpres 2024 diperlukan kekuatan masif, terutama dari masyarakat yang menginginkan perubahan lebih baik.

”Ini membuat bola salju perubahan makin menggelinding ke pelosok timur Indonesia. Hari ini dimulai dengan LPKKM, mudah-mudahan berikutnya ada LPKKM yang lain,” tutur Syaugi.

Tak hanya memberikan dukungan, para sukarelawan yang tergabung dalam LPKKM ini nantinya juga akan menjadi saksi di tempat pemungutan suara untuk mengawal suara Anies-Muhaimin. Dengan kemampuan para sukarelawan di berbagai bidang itu, Timnas AMIN meyakini mereka dapat memastikan suara untuk pasangan nomor urut 1 itu tidak dicuri sehingga membawa kemenangan dalam Pilpres 2024.

Figur Jusuf Kalla sangat berpengaruh, tertama di wilayah Indonesia timur. Dukungan dari Jusuf Kalla membuat banyak elemen masyarakat kemudian menyatakan dukungan kepada pasangan Anies-Muhaimin.

Selain itu, dalam waktu dekat, pasangan Anies-Muhaimin akan berkampanye di daerah seperti Nusa Tenggara Timur hingga Papua. Namun, Syaugi belum bisa memastikan jadwal waktu kampanye tersebut. Ia mengatakan, dalam kunjungan nanti, baik Anies maupun Muhaimin pasti akan menyampaikan program dan keberpihakan pasangan itu kepada wilayah timur Indonesia.

”Yang jelas sekarang waktunya berkampanye untuk apa? Yakni yang sudah memilih pasangan Amin makin yakin dan yang belum memutuskan memilih bisa memilih pasangan Amin,” kata Syaugi.

Ketua Dewan Pembina LPKKM Marsekal Madya TNI (Purn) M Basri Sidehabi menambahkan, LPKKM mendukung penuh pasangan Anies-Muhaimin untuk memenangkannya pada Pilpres 2024. Dukungan ini diberikan karena ingin adanya perubahan ke arah lebih baik. Pihaknya akan berjuang semaksimal mungkin seperti dengan para sukarelawan lainnya yang sudah mendukung pasangan Anies-Muhaimin tersebut.

Kapten Tim Pemenangan Nasional Anies-Muhaimin (Timnas AMIN) Muhammad Syaugi Alaydrus (tengah) dan Ketua Dewan Pembina LPKKM Marsekal Madya TNI (Purn) M Basri Sidehabidi (kedua dari kiri) saat memberikan keterangan pers di Jakarta, Minggu (24/12/2023).
KOMPAS/HIDAYAT SALAM

Kapten Tim Pemenangan Nasional Anies-Muhaimin (Timnas AMIN) Muhammad Syaugi Alaydrus (tengah) dan Ketua Dewan Pembina LPKKM Marsekal Madya TNI (Purn) M Basri Sidehabidi (kedua dari kiri) saat memberikan keterangan pers di Jakarta, Minggu (24/12/2023).

”Kami mengajak masyarakat untuk bersama-sama memenangkan pasangan Amin pada Pilpres 2024,” katanya.

Baca juga: Muhaimin Siap Sediakan Pinjaman Modal UMKM Rp 120 Triliun Tanpa ”Ordal”

Editor:
ANITA YOSSIHARA
Bagikan
Logo Kompas
Logo iosLogo android
Kantor Redaksi
Menara Kompas Lantai 5, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 5347 710
+6221 5347 720
+6221 5347 730
+6221 530 2200
Kantor Iklan
Menara Kompas Lantai 2, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 8062 6699
Layanan Pelanggan
Kompas Kring
+6221 2567 6000