logo Kompas.id
Politik & HukumMenengok Safari Natal para...
Iklan

Menengok Safari Natal para Kandidat Pilpres

Momen Natal tak luput dari perhatian capres-cawapres dalam berkampanye. Bahkan, ada yang membuat program khusus terkait Natal. Namun, sejumlah pihak berharap agar momen Natal tak dibawa-bawa untuk kepentingan elektoral.

Oleh
DIAN DEWI PURNAMASARI, WILLY MEDI CHRISTIAN NABABAN, PRAYOGI DWI SULISTYO, HIDAYAT SALAM, FABIO MARIA LOPES COSTA
· 4 menit baca
Agenda capres hari ke-23 kampanye, antara lain, safari politik dan kunjungan kerja.
KOMPAS

Agenda capres hari ke-23 kampanye, antara lain, safari politik dan kunjungan kerja.

Nyaring suara kentongan yang dipukul 12 kali di Golden Leaf Restaurant, Kelapa Gading, Jakarta, memecah keheningan malam pada Rabu (20/12/2023). Kentongan dipukul oleh calon presiden nomor urut 1, Anies R Baswedan, sebagai penanda dimulainya program kampanye bersama calon wakil presiden yang mendampinginya, Muhaimin Iskandar, di seluruh Indonesia. Anies-Muhaimin atau Amin ini menamakan program kampanyenya sebagai Safari Natal Amin.

Saat itu, Anies didampingi Kapten Tim Pemenangan Nasional Amin (Timnas Amin) Muhammad Syaugi, Ketua Steering Commitee Safari Natal Amin Pendeta Shephard Supit, dan Ketua Organizing Commitee Safari Natal Amin Henry Husada.

Baca Berita Seputar Pemilu 2024
Pahami informasi seputar pemilu 2024 dari berbagai sajian berita seperti video, opini, Survei Litbang Kompas, dan konten lainnya.
Kunjungi Halaman Pemilu

Acara Safari Natal Amin perdana itu diisi dengan kegiatan dialog dengan umat Kristiani dan makan malam. Dalam sambutannya, Anies bersyukur karena Jakarta dalam suasana tenang dan teduh. Selama menjadi Gubernur DKI Jakarta, Anies mengaku, dirinya telah melewati berbagai macam tantangan dalam menjaga kerukunan antarumat beragama. Ia ingin suasana Jakarta yang aman, teduh, dan damai dibawa ke seluruh Indonesia.

Baca juga: Anies dan Ganjar Janji Permudah Pendirian Tempat Ibadah

Perhatian bagi seluruh umat

Saat berdialog, Anies menekankan pentingnya komunikasi dalam kehidupan beragama. Ia menceritakan pengalamannya saat kuliah di Amerika Serikat. Ketika menjadi pengurus masjid, Anies berkali-kali menjadi ketua panitia berbagai kegiatan. Sebagai ketua, ia harus mengurusi umat Muslim dan berkomunikasi dengan warga sekitar.

Di AS, lanjutnya, umat Muslim merupakan minoritas di tengah masyarakat yang mayoritas beragama Kristen. Umat Muslim butuh rasa tenang, nyaman, dan kebebasan untuk beribadah. Karena itu, Anies ingin memberikan perasaan yang sama untuk seluruh umat beragama di Indonesia.

Juru bicara Timnas Amin, Indra Charismiadji, menjelaskan, acara pembukaan Safari Natal Amin di Jakarta diisi dengan makan malam bersama tokoh agama. Mereka tidak hanya berasal dari kelompok kristiani, tetapi juga kelompok masyarakat dari agama lain.

Umat menyiapkan pohon natal berbahan janur di halaman Gereja Katedral Kristus Raja Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, Kamis (21/12/2023).
KOMPAS/WILIBRORDUS MEGANDIKA WICAKSONO

Umat menyiapkan pohon natal berbahan janur di halaman Gereja Katedral Kristus Raja Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, Kamis (21/12/2023).

Acara Safari Natal di sejumlah daerah nantinya berbeda-beda, tetapi tetap mengusung semangat Natal, yakni cinta kasih membawa perubahan. Cinta kasih merupakan hukum yang paling utama bagi umat Kristiani. Karena itu, pemilihan presiden pun harus berdasarkan cinta kasih, bukan kebencian dan kekuasaan. Adapun perubahan merupakan visi yang diusung Anies-Muhaimin sebagai kandidat Pemilihan Presiden 2024.

Setelah Jakarta, Safari Natal akan diadakan di Semarang, Jawa Tengah, Minggu (24/12/2023). Namun, Indra belum bisa menjelaskan detail acara di Semarang. Untuk jadwal Safari Natal di daerah lainnya masih menyesuaikan dengan jadwal Anies dan Muhaimin.

Kegiatan Safari Natal tidak menggunakan tempat ibadah. Anies dan Muhaimin tidak akan menyentuh kegiatan keagamaan.

Indra menegaskan, kegiatan Safari Natal tidak menggunakan tempat ibadah. Anies dan Muhaimin tidak akan menyentuh kegiatan keagamaan. ”Jadi, istilahnya perayaan Natal-nya yang kita rayakan bersama menunjukkan kalau Pak Anies Baswedan-Gus Muhaimin itu tidak menjadi presiden-wakil presiden untuk satu kelompok saja,” katanya.

Pasangan capres-cawapres nomor urut 2, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka, juga sudah menjadwalkan sejumlah kegiatan untuk bersafari ke sejumlah daerah jelang Natal. Emil Dardak selaku juru bicara Gibran mengatakan, kegiatan Gibran masih terus berlanjut menjelang hari raya Natal. Pada Sabtu (23/12/2023), ia blusukan ke sejumlah pasar di Jakarta Timur dan Jakarta Selatan. Setelah itu ia akan terbang ke Manado, Sulawesi Utara.

Di Manado, Gibran akan melanjutkan agenda agendanya. Ia mengikuti sejumlah perayaan Natal bersama, Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) Angkatan Muda Pembaharuan Indonesia (AMPI), pertemuan dengan pemengaruh (influencer) dan anak muda Manado, hingga tokoh masyarakat dari daerah Bolaang Mongondow Raya.

”Rencananya kami akan ke Manado (untuk bersafari),” kata Wakil Gubernur Jawa Timur itu. Sementara itu, Prabowo, menurut rencana, safari di Aceh pada waktu hari raya Natal.

Iklan
https://cdn-assetd.kompas.id/LJ1ZTCD_URLW5V0yhdAXMOq-7Vc=/1024x576/https%3A%2F%2Fasset.kgnewsroom.com%2Fphoto%2Fpre%2F2023%2F12%2F12%2F16704b20-6562-4d8e-a5a5-e3967b84f486_jpg.jpg

Capres-cawapres nomor urut 2, Ganjar Pranowo- Mahfud MD, juga melakukan safari keliling Indonesia di hari libur Natal dan Tahun Baru. Seusai debat cawapres, Jumat (22/12/2023), Ganjar langsung blusukan ke Indramayu dan Majalengka, Jawa Barat. Setelah itu, ia juga akan langsung bertolak ke Solo, Jawa Tengah. Adapun Mahfud MD berkampanye di Probolinggo, Jawa Timur.

Dalam kampanye menjelang Natal itu, ada agenda pertemuan dengan tokoh agama dan tokoh masyarakat. Namun, tak ada agenda kunjungan ke gereja atau berdialog dengan keuskupan seperti yang dilakukan Ganjar beberapa waktu lalu.

Wakil Ketua Tim Pemenangan Nasional Ganjar-Mahfud Andika Perkasa saat ditemui di sela-sela debat cawapres, Jumat malam, menuturkan, untuk menunjukkan toleransi antarumat beragama, Ganjar-Mahfud akan menyampaikan ucapan selamat Natal kepada umat Kristiani. Namun, mereka tidak akan berkampanye di tempat ibadah saat perayaan Natal karena itu dilarang.

”Sudah ada rencana (safari Natal), tetapi di provinsi mana saja kami masih mempertimbangkan. Yang jelas bukan kampanye, sifatnya hanya menyampaikan selamat,” kata Andika.

Baca juga: Visi-Misi Capres: Ambisi Besar, Uangnya dari Mana?

Bagian dari visi-misi

Direktur Juru Kampanye TPN Ganjar-Mahfud Choirul Anam menambahkan, membangun toleransi antarumat beragama adalah salah satu bagian penting dari visi-misi Ganjar-Mahfud. Budaya saling menghormati dan bekerja sama adalah bangunan toleransi yang menjadi fondasi pembangunan pasangan tersebut. Rekam jejak juga menunjukkan keduanya merupakan sosok yang bekerja keras menjaga toleransi,

”Semaju apa pun pembangunan, stabil apa pun ekonomi, tanpa hidup toleran, masyarakat akan rapuh. Apalagi, (penduduk) Indonesia (terdiri dari) beragam keyakinan. Soal larangan kampanye di tempat ibadah, kami tak akan melanggarnya,” kata Anam.

Pohon Natal dari daur ulang sampah hasil kreasi warga yang terpajang sejumlah sudut Kota Jayapura, Papua, Selasa (19/12/2023).
KOMPAS/NASRUN KATINGKA

Pohon Natal dari daur ulang sampah hasil kreasi warga yang terpajang sejumlah sudut Kota Jayapura, Papua, Selasa (19/12/2023).

Safari, pada umumnya, memang lekat dengan kegiatan elite politik berkeliling menjumpai berbagai kelompok masyarakat. Beberapa saat sebelum Ramadhan, pertengahan April 2023, sekitar setahun jelang Pemilu 2024, contohnya, Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto meminta semua anggota fraksi serta bakal calon legislatif Partai Golkar safari ke masyarakat saat Ramadhan. Momentum Ramadhan dinilai tepat untuk menyerap aspirasi publik (Kompas.id, 19/3/2023).

Agar umat menjelang perayaan Natal untuk memilih sesuai hati nurani untuk menentukan presiden-wakil presiden dan calon anggota legislatif.

Kedepankan hati nurani

Sementara di momen Natal ini, sejumlah pihak berharap agar tempat ibadah tidak dibawa-bawa dalam kampanye elektoral. Ketua Umum Persekutuan Gereja-gereja di Indonesia (PGI) Gomar Gultom, salah satunya, menyerukan agar gereja tidak melibatkan diri dalam politik praktis. Ia berharap gereja konsisten dalam tataran high politics, yaitu menyampaikan pesan suara kenabian tanpa harus melibatkan diri dengan kekuatan-kekuatan politik yang ada.

”Kalau ada gereja dijadikan ajang kampanye, tentu PGI akan menegur,” ucap Gomar.

Gomar pun mengingatakan bahwa Pasal 280 Ayat (1) Huruf h Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu dengan tegas melarang pelaksana, peserta, dan tim kampanye pemilu untuk menggunakan fasilitas pemerintah, tempat ibadah, dan tempat pendidikan.

Ketua Presidium Konferensi Waligereja Indonesia (KWI) Monsinyur Antonius Subianto Bunyamin pun mengimbau agar umat menjelang perayaan Natal untuk memilih sesuai hati nurani untuk menentukan presiden-wakil presiden dan calon anggota legislatif. Umat diminta menentukan pemimpin yang terbaik dari para kandidat.

Ia pun meminta agar para kandidat fokus menyosialisasikan program yang terbaik bagi masyarakat. Hindari upaya saling menjelekkan kandidat lain demi meraih simpati pemilih.

”Bagi masyarakat, khususnya umat Katolik yang mendukung kandidat tertentu, jauhilah ujaran kebencian dan penyebaran berita hoaks,” kata Antonius, uskup Bandung, ini.

Editor:
MADINA NUSRAT
Bagikan
Logo Kompas
Logo iosLogo android
Kantor Redaksi
Menara Kompas Lantai 5, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 5347 710
+6221 5347 720
+6221 5347 730
+6221 530 2200
Kantor Iklan
Menara Kompas Lantai 2, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 8062 6699
Layanan Pelanggan
Kompas Kring
+6221 2567 6000