logo Kompas.id
Politik & HukumDebat Capres Dijanjikan Tak...
Iklan

Debat Capres Dijanjikan Tak seperti Cerdas Cermat

Ketiga calon presiden sudah bersiap untuk mengikuti debat capres. Debat diharapkan menjadi forum beradu gagasan.

Oleh
WILLY MEDI CHRISTIAN NABABAN, KURNIA YUNITA RAHAYU, NIKOLAUS HARBOWO, IQBAL BASYARI
· 4 menit baca
https://cdn-assetd.kompas.id/Gy9Knf_loHkkO7tQ9DDlszAf284=/1024x576/filters:watermark(https://cdn-content.kompas.id/umum/kompas_main_logo.png,-16p,-13p,0)/https%3A%2F%2Fasset.kgnewsroom.com%2Fphoto%2Fpre%2F2023%2F12%2F11%2Fea8fde29-978c-4bfc-832f-00ba3161f3c8_jpg.jpg

Suasana persiapan panggung Debat Calon Presiden Pemilu 2024 di halaman Kantor KPU, Jakarta, Senin (11/12/2023).

JAKARTA, KOMPAS — Komisi Pemilihan Umum menjanjikan debat perdana calon presiden, hari ini, Selasa (12/12/2023), bakal interaktif dan tidak membosankan atau seolah seperti cerdas cermat. Dari enam segmen debat, empat segmen di antaranya memberikan kesempatan kepada ketiga calon presiden untuk saling berinteraksi dan memberikan tanggapan.

Baca Berita Seputar Pemilu 2024
Baca Berita Seputar Pemilu 2024
Pahami informasi seputar pemilu 2024 dari berbagai sajian berita seperti video, opini, Survei Litbang Kompas, dan konten lainnya.
Kunjungi Halaman Pemilu

Debat perdana calon presiden (capres) ini akan digelar mulai pukul 19.00 dan berlangsung selama dua jam, di halaman Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, di Jakarta.

Debat pertama dari total lima debat capres-calon wakil presiden (cawapres) selama gelaran Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 ini mengangkat tema pemerintahan, hukum, hak asasi manusia, pemberantasan korupsi, penguatan demokrasi, pelayanan publik, penanganan disinformasi, dan kerukunan warga. Jumlah topik yang diangkat ini hampir dua kali lipat dibandingkan dengan debat capres 2019, yang hanya membahas seputar hukum, HAM, korupsi, dan terorisme.

Ketua KPU Hasyim Asy’ari dalam jumpa pers, Senin (11/12/2023), mengatakan, KPU telah mendesain teknis debat agar tidak membosankan dan terkesan seperti cerdas cermat. Dari enam segmen debat, empat di antaranya akan memunculkan interaksi antarcapres. Dengan demikian, porsi bagi setiap capres untuk berinteraksi akan lebih banyak.

Baca juga: Akhir Perdebatan Panggung Debat Capres-Cawapres

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Hasyim Asy'ari saat menjelaskan peraturan debat dalam jumpa pers di Media Center KPU, Jakarta, Senin (11/12/2023).
KOMPAS/RONY ARIYANTO NUGROHO

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Hasyim Asy'ari saat menjelaskan peraturan debat dalam jumpa pers di Media Center KPU, Jakarta, Senin (11/12/2023).

Pada segmen pertama, capres akan menyampaikan visi, misi, dan program kerja. Segmen kedua dan ketiga adalah pendalaman visi, misi, dan program kerja. Pada kedua segmen ini akan ada pertanyaan dan interaksi di antara capres. Adapun segmen keempat dan kelima akan diisi tanya jawab di antara capres. Kemudian, segmen keenam menjadi sesi penutup atau penyampaian kalimat penutup oleh capres.

”Segmen ke-2, ke-3, ke-4, dan ke-5 itu boleh dikatakan hampir semuanya interaktif antarcalon, tentu dipandu oleh moderator,” ujar Hasyim.

Ia mengatakan, 11 panelis akan menyiapkan 18 pertanyaan bagi capres. Setiap capres akan mengambil tiga pertanyaan secara acak dan jawabannya akan ditanggapi oleh dua capres lain. Capres yang menjawab juga diberikan kesempatan untuk menanggapi balik tanggapan agar gagasan yang disampaikan dalam debat bisa lebih terang.

Terkait moderator debat, anggota KPU, August Mellaz, mengatakan, mereka telah menjalani proses karantina dan menandatangani pakta integritas. Langkah tersebut ditempuh untuk menegakkan komitmen netralitas dan integritas pelaksanaan debat.

Baca juga: Pastikan Materi Debat Berkualitas

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Hasyim Asy'ari (tengah) bersama para komisioner KPU saat konferensi pers persiapan Debat Calon Presiden Pemilu 2024 di Media Center KPU, Jakarta, Senin (11/12/2023).
KOMPAS/RONY ARIYANTO NUGROHO

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Hasyim Asy'ari (tengah) bersama para komisioner KPU saat konferensi pers persiapan Debat Calon Presiden Pemilu 2024 di Media Center KPU, Jakarta, Senin (11/12/2023).

Ia pun menekankan arti penting dari debat. Debat menjadi momentum bagi kandidat untuk menyampaikan visi, misi, dan program kerjanya guna meyakinkan pemilih. ”Ini poin penting dan juga diharapkan akan dapat meningkatkan kesadaran politik warga negara dan partisipasi warga negara menjadi pemilih,” katanya.

Membaca

Calon presiden nomor urut 1, Anies Baswedan, mengaku tidak ada persiapan khusus menjelang debat. Meski demikian, mantan Gubernur DKI Jakarta itu tetap mempelajari topik-topik yang berkaitan dengan tema debat, seperti isu hukum, hak asasi manusia, dan demokrasi.

Iklan

”Belum ada rencana khusus, ya (untuk debat). Terkait dengan berangkat dan lain-lain, nanti diumumkan. Tapi, tentu saja belajar, membaca yang hari ini dianggap penting terkait dengan persoalan hukum, HAM terkait dengan demokrasi, tentu harus baca-baca. Itu yang kami kerjakan sekarang,” tuturnya.

Juru Bicara Tim Nasional Pemenangan (Timnas) Anies-Muhaimin Iskandar, Angga Putra Fidrian, menambahkan, seluruh persiapan debat sudah matang. Sosok Anies dan Muhaimin dinilai sudah berpengalaman dalam debat sehingga istirahat yang cukup sebelum debat menjadi prioritas.

Unggahan foto bakal calon presiden dari Koalisi Perubahan Anies Rasyid Baswedan di media sosialnya yang memperlihatkan dirinya sedang membaca buku berjudul <i>Principles for Navigating Big Debt Crises</i> di pinggir Pantai Jimbaran, Bali, pada sore hari.
TANGKAPAN LAYAR

Unggahan foto bakal calon presiden dari Koalisi Perubahan Anies Rasyid Baswedan di media sosialnya yang memperlihatkan dirinya sedang membaca buku berjudul Principles for Navigating Big Debt Crises di pinggir Pantai Jimbaran, Bali, pada sore hari.

Mengenai substansi debat, Anies-Muhaimin melihat masalah paling krusial adalah pemberantasan korupsi, seperti halnya hasil survei oleh lembaga survei. Untuk memperkuat pemberantasan korupsi, penguatan KPK akan menjadi salah satu hal yang ditekankan Anies. ”Revisi Undang-Undang KPK merupakan satu hal, tapi revisinya harus dari DPR dan prosesnya panjang. Yang pasti, mengembalikan meritokrasi KPK,” kata Angga.

Tetap bergimik

Sekretaris Tim Kampanye Nasional Capres-Cawapres Nomor Urut 2, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, Nusron Wahid, mengatakan, meski masih menjalankan tugas sehari-hari sebagai Menteri Pertahanan, Prabowo terus mempersiapkan diri untuk mengikuti debat. Mulai dari mengidentifikasi masalah, mengumpulkan data, membangun narasi, hingga menyusun program-program yang akan dikemukakan untuk menyelesaikan persoalan yang masih ada.

Selain soal substansi, Nusron tidak memungkiri, Prabowo masih akan mempertahankan gimik khasnya, yakni joget ”gemoy”. Jika dibandingkan dengan kandidat lain, menurut dia, Prabowo merupakan capres yang paling minim gimik karena hanya memiliki satu ciri khas, yakni kesukaan berjoget.

Kendati demikian, Nusron melihat bahwa hal itu bisa diterima publik. Penerimaan masyarakat itu bisa dilihat dari tingkat elektabilitas Prabowo-Gibran yang unggul atas dua pasangan calon lain berdasarkan hasil survei sejumlah lembaga. ”Kami meyakini bahwa paslon (pasangan calon) kami gagasannya kuat, gimiknya juga kuat,” ujarnya.

Baca juga: Pengalaman dan Rekam Jejak Jadi Bekal Utama Debat Capres-Cawapres

Pasangan capres-cawapres Pilpres 2024 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka berpidato dalam acara Rapat Koordinasi Sentra Penegakan Hukum Terpadu di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta, Senin (27/11/2023).
KOMPAS/FAKHRI FADLURROHMAN

Pasangan capres-cawapres Pilpres 2024 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka berpidato dalam acara Rapat Koordinasi Sentra Penegakan Hukum Terpadu di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta, Senin (27/11/2023).

Saran saat blusukan

Tak hanya Anies-Muhaimin dan Prabowo-Gibran, pasangan capres-cawapres nomor urut 3, Ganjar Pranowo-Mahfud MD, pun telah bersiap menghadapi debat. Bahkan, menurut Deputi Politik 5.0 Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud, Andi Widjajanto, persiapan sudah jauh-jauh hari.

Ganjar, misalnya, sudah berdiskusi dengan tim internal terkait substansi yang bakal diangkat saat debat. Masukan dari masyarakat yang diterimanya ketika blusukan juga sudah dipetakan untuk kemudian disampaikan pula saat debat.

”Mas Ganjar mendapatkan banyak saran langsung dari masyarakat yang ditemui tentang tema debat perdana. Lalu, dari apa yang Mas Ganjar sampaikan kepada kami kemarin dan tadi pagi, kami sudah menyiapkan narasi utama tentang debat satu disesuaikan dengan visi misi, terutama temuan-temuan lapangan yang langsung didapatkan Mas Ganjar selama menjalankan kampanye,” ujar Andi.

Calon presiden Ganjar Pranowo blusukan ke Pasar Inpres Naikoten I Kupang, Nusa Tenggara Timur, untuk mengecek harga-harga kebutuhan pokok terkini, Sabtu (2/12/2023).
DIAN DEWI PURNAMASARI

Calon presiden Ganjar Pranowo blusukan ke Pasar Inpres Naikoten I Kupang, Nusa Tenggara Timur, untuk mengecek harga-harga kebutuhan pokok terkini, Sabtu (2/12/2023).

Direktur Algoritma Research and Consulting Aditya Perdana mengingatkan, debat capres dan cawapres merupakan forum bertukar ide dan gagasan untuk menjalankan pemerintahan ke depan. Debat juga mempersilakan para kontestan untuk mendukung atau menyanggah konsep dan implementasi yang disampaikan lawan tandingnya.

”Debat seharusnya dimaknai dalam konteks seperti itu, bukan forum gimik dan pencitraan,” katanya.

Baca juga: Pemilih Muda dan Buaian ”Politainment”

Selain itu, menurut dia, debat menjadi penting karena publik menginginkan dan membutuhkan tawaran mengenai program kerja. Masyarakat juga membutuhkan kebijakan yang berpihak kepada rakyat serta visi yang jelas dalam pembangunan ke depan.

Merujuk hasil survei Algoritma pada Desember 2022 dan Juni 2023, ada sekitar 35 persen responden yang memberikan perhatian serius terhadap program kerja kandidat, bukan hanya ketokohan mereka.

Editor:
ANTONIUS PONCO ANGGORO
Bagikan
Logo Kompas
Logo iosLogo android
Kantor Redaksi
Menara Kompas Lantai 5, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 5347 710
+6221 5347 720
+6221 5347 730
+6221 530 2200
Kantor Iklan
Menara Kompas Lantai 2, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 8062 6699
Layanan Pelanggan
Kompas Kring
+6221 2567 6000