logo Kompas.id
Politik & HukumKeamanan Maritim Pintu Menuju Kesejahteraan

Keamanan Maritim Pintu Menuju Kesejahteraan

Keamanan laut akan membawa pada kesejahteraan karena bagi pengguna, laut jadi bisa diprediksi dan diandalkan. Tenaga pemandu kapal atau ”maritime pilot” memiliki peran yang sangat penting dalam mewujudkan keamanan laut.

Oleh Edna C Pattisina
· 1 menit baca
Memuat data...
KOMPAS/TOTOK WIJAYANTO

KRI Rigel 933 membuang sauh di perairan kawasan Pulau Lancang Kecil dan Pulau Laki, Kepulauan Seribu, untuk mencari pesawat Sriwijaya Air yang diperkirakan jatuh di kawasan tersebut, Minggu (10/1/2021). Pesawat dengan nomor penerbangan SJ-182 jatuh pada Sabtu (9/1/2021) siang saat akan menuju Pontianak dari Bandara Soekarno-Hatta.

JAKARTA, KOMPAS — Peran tenaga pemandu kapal (maritime pilot) sangat penting dalam menjaga keamanan maritim yang pada akhirnya berujung pada kesejahteraan yang dihasilkan dari laut. Maritim adalah ekosistem yang kompleks sehingga laut yang aman akan meningkatkan kepercayaan dunia pada Indonesia yang berada di silang lautan dunia.

”Ada 147 pelayaran wajib pandu yang akan meningkatkan daya saing Indonesia di sektor kemaritiman,” kata Asisten Operasi Kepala Staf TNI AL Laksamana Muda Didik Setiono, Senin (29/3/2021), dalam diskusi Peran Maritime Pilots Memajukan Sektor Kemaritiman Indonesia yang diadakan dalam rangka HUT Ke-18 Indonesian Maritime Pilots Association (Inampa).

Editor: Antony Lee
Bagikan
Memuat data..