logo Kompas.id
OpiniImpor dan Digitalisasi UMKM...
Iklan

Impor dan Digitalisasi UMKM Semu

Dominasi produk impor di lokapasar Indonesia menunjukkan produk impor telah membajak digitalisasi usaha mikro kecil.

Oleh
REDAKSI
· 2 menit baca
Pedagang mempersiapkan pakaian bayi yang terjual melalui lokapasar di Pasar Rumput, Jakarta Selatan, Kamis (24/01/2024).
KOMPAS/PRIYOMBODO (PRI)

Pedagang mempersiapkan pakaian bayi yang terjual melalui lokapasar di Pasar Rumput, Jakarta Selatan, Kamis (24/01/2024).

Melalui digitalisasi, UMKM kita diharapkan bisa menjadi bagian dari ekosistem produksi dalam negeri. Namun, yang terjadi, UMKM kita ternyata justru hanya menjadi mitra penjual (reseller) produk impor (Kompas, 25/1). Akibatnya, nilai tambah terbesar bukan dinikmati pelaku industri dalam negeri, melainkan produsen produk impor di negara asal.

Serbuan produk impor—legal maupun ilegal—yang mende- sak produk lokal merupakan fenomena yang sudah lama dikeluhkan pelaku industri dalam negeri. Invasi produk impor itu kian terbuka lebar dengan digitalisasi ekonomi, yang peluangnya gagal dimanfaatkan oleh produsen UMKM lokal.

Editor:
ANTONIUS TOMY TRINUGROHO
Bagikan
Logo Kompas
Logo iosLogo android
Kantor Redaksi
Menara Kompas Lantai 5, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 5347 710
+6221 5347 720
+6221 5347 730
+6221 530 2200
Kantor Iklan
Menara Kompas Lantai 2, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 8062 6699
Layanan Pelanggan
Kompas Kring
+6221 2567 6000