logo Kompas.id
OpiniBisnis Perdagangan Karbon
Iklan

Bisnis Perdagangan Karbon

Tujuan utama perdagangan karbon adalah dekarbonisasi ekonomi. Namun, business is business. Keseimbangan antara akselerasi dekarbonisasi ekonomi dan aktivitas dunia bisnis perlu dijaga. Agar tak menciptakan disrupsi baru.

Oleh
REZZA F PRISANDY
· 4 menit baca
https://cdn-assetd.kompas.id/f0zvRF21WdgETIPLlr53wpvTPwQ=/1024x576/https%3A%2F%2Fasset.kgnewsroom.com%2Fphoto%2Fpre%2F2023%2F09%2F10%2F9368a6a3-aca9-45db-bab5-54a7b1134254_jpg.jpg

Bursa karbon bakal segera lahir. Kehadirannya diharapkan menjadi akselerator pengembangan ekosistem perdagangan karbon. Bursa karbon sebagai pasar sekunder akan menjadi platform untuk mempermudah aktivitas jual beli kredit karbon.

Bursa karbon ditujukan untuk mempercepat dekarbonisasi ekonomi melalui perdagangan karbon dalam konsep carbon pricing. Dalam carbon pricing setidaknya terdapat tiga strategi utama dalam upaya dekarbonisasi, yakni perdagangan karbon, pajak karbon, dan pembayaran berbasis kinerja.

Editor:
SRI HARTATI SAMHADI, YOHANES KRISNAWAN
Bagikan
Logo Kompas
Logo iosLogo android
Kantor Redaksi
Menara Kompas Lantai 5, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 5347 710
+6221 5347 720
+6221 5347 730
+6221 530 2200
Kantor Iklan
Menara Kompas Lantai 2, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 8062 6699
Layanan Pelanggan
Kompas Kring
+6221 2567 6000