logo Kompas.id
OpiniMedia adalah Pesan
Iklan

Media adalah Pesan

Model brainwashing digital kian marak jelang pemilu. Targetnya, penggalangan kolektivitas yang ditandai homogenitas berpikir dan berperilaku. Orang dibuat ketagihan mengunyah disinformasi. Melemahkan proses demokrasi.

Oleh
FIDELIS REGI WATON
· 3 menit baca
Ilustrasi
KOMPAS/HERYUNANTO

Ilustrasi

Eksplorasi sejauh mana media massa memformat pola pikir dan gaya hidup manusia merangsang aneka pakar. Marshall McLuhan terhitung bintang teori komunikasi par excellence. Ia meninggalkan lanskap konsep media klasik.

Fokus analisisnya bukanlah pesan, tapi sarana komunikasi itu sendiri. Tesis revolusionernya: The medium is the message (media adalah pesan). Bukan hanya konten yang disampaikan, media secara intrinsik punya efek vital. Struktur dan bentuknya memengaruhi muatan.

Editor:
SRI HARTATI SAMHADI, YOHANES KRISNAWAN
Bagikan
Logo Kompas
Logo iosLogo android
Kantor Redaksi
Menara Kompas Lantai 5, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 5347 710
+6221 5347 720
+6221 5347 730
+6221 530 2200
Kantor Iklan
Menara Kompas Lantai 2, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 8062 6699
Layanan Pelanggan
Kompas Kring
+6221 2567 6000