logo Kompas.id
β€Ί
Opiniβ€ΊMengenang dan Menempatkan Para...
Iklan

Mengenang dan Menempatkan Para Pemikir Indonesia

Menyelesaikan pembacaan Sosok-sosok Inspirasi Keteladanan terasa penjelajahan penggal sejarah periode Orde Baru dalam sebuah mosaik yang kaya. Obituari dalam buku ini benar-benar menghadirkan obsesi para tokohnya.

Oleh
G BUDI SUBANAR
Β· 1 menit baca
https://dmm0a91a1r04e.cloudfront.net/F_XFO0gZ7gLKh0kupTVpuxIlTXQ=/1024x1463/https%3A%2F%2Fasset.kgnewsroom.com%2Fphoto%2Fpre%2F2022%2F02%2F17%2Fd3363c53-45cc-4cca-bea1-89c8da9fbcae_jpg.jpg

Buku Sosok-sosok Inspirasi Keteladanan merupakan artikel pilihan dari obituari yang pernah ditulis St Sularto dalam harian Kompas selama periode empat puluh (40) tahun masa kerjanya antara 1977-2017. Ada 33 artikel yang dipilih dari sekian banyak obituari yang pernah ditulisnya. Penyusunannya diurutkan secara abjad nama, bukannya sesuai urutan kronologis sebagaimana pernah dimuat dalam Kompas. Keutuhan dan keaslian tulisan tidak sepenuhnya seperti yang pernah terbit. Ada beberapa yang mengalami pembaruan dan pengayaan.

St Sularto sebagai penulisnya adalah seorang wartawan senior yang telah mengalami tiga periode pengalaman kerja, sebagai wartawan yang turun langsung di lapangan, sebagai dewan redaksi, dan sebagai wakil pimpinan umum Kompas. Dengan mencermati tulisan yang ada, tentu hal ini mempengaruhi cara melihat tokoh dan pembahasannya. Satu benang merahnya, keragaman tokoh yang dihadirkan sejalan dengan minat sang penulis yang memberi perhatian dalam bidang pendidikan, sosial kebudayaan dan sosial keagamaan (hlm xii).

Editor:
YOHANES KRISNAWAN
Bagikan