logo Kompas.id
OpiniMedan Pertempuran Baru di...
Iklan

Medan Pertempuran Baru di Industri Digital

Industri digital terus berubah dan berkembang. Setelah dominasi media sosial, gim kini menjadi arena pertempuran baru dalam persaingan dunia virtual.

Oleh
ANDREAS MARYOTO
· 5 menit baca
https://cdn-assetd.kompas.id/GNxqEgnmN-wnQtrbKx7pT90yEI8=/1024x576/https%3A%2F%2Finr-production-content-bucket.s3.ap-southeast-1.amazonaws.com%2FINR_PRODUCTION%2Fphoto%2Fpre%2F2022%2F01%2F27%2F57436b6f-5630-4ad7-8056-894721a59d06_jpg.jpg

Industri digital terus-menerus membuat perubahan besar. Dunia virtual yang sempat didominasi media sosial mulai bergeser ke industri gim (game). Kini orang mulai mengalihkan perhatian ke gim sejalan dengan tren yang mengarah ke dunia meta (metaverse). Komunikasi juga makin banyak menggunakan gim sebagai media. Akuisisi Activision Blizzard oleh Microsoft menandai pertempuran baru di industri digital.

Pekan lalu Microsoft Corp di laman resminya mengumumkan rencana untuk mengakuisisi Activision Blizzard Inc. Activision dikenal sebagai pemimpin dalam pengembangan gim dan penerbit konten hiburan interaktif. Akuisisi ini menjadikan Microsoft sebagai perusahaan terbesar ketiga di industri gim dari sisi pendapatan. Dua pemain lainnya di industri ini adalah Tencent dan Sony. Orang mungkin kurang mengenal Activision. Mereka lebih mengenal produknya, seperti Candy Crush, Warcraft, dan Diablo.

Editor:
PRASETYO EKO PRIHANANTO
Bagikan
Logo Kompas
Logo iosLogo android
Kantor Redaksi
Menara Kompas Lantai 5, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 5347 710
+6221 5347 720
+6221 5347 730
+6221 530 2200
Kantor Iklan
Menara Kompas Lantai 2, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 8062 6699
Layanan Pelanggan
Kompas Kring
+6221 2567 6000