logo Kompas.id
OpiniMembangun Elektabilitas dan...
Iklan

Membangun Elektabilitas dan Preferensi Memilih Figur

Dalam membangun kesan, peran komunikasi politik sangat penting. Pengusung calon atau partai yang akan diikutkan pemilihan bisa membangun citra melalui komunikasi ini.

Oleh
SURYANTO
· 5 menit baca
Supriyanto

Pemilu 2024 masih 2 tahun lagi. Namun, geliat sejumlah lembaga survei dengan hasil sejumlah nama dan partai politik bermunculan seiring dengan hasil survei yang dilakukan oleh Lembaga-lembaga survei. Kompas.com pada 8/1/2022 memunculkan nama Gibran. Kompas.com pada 10/1/2022 memunculkan nama-nama seperti Prabowo dan Ganjar, Puan dan Airlangga. Sementara itu, Kompas.com pada 11/1/2022 juga memunculkan nama Walikota Salatiga.

Survei tidak hanya menyangkut nama orang yang layak menduduki jabatan presiden, melainkan juga calon kandidat gubernur yang wilayahnya juga akan ada pemilihan gubernur seperti DKI Jakarta dan juga Jawa Tengah. Hampir semua survei membahas elektabilitas kandidat. Topik elektabilitas tentu menjadi topik yang trending untuk ditulis pada kesempatan ini. Selain untuk pembaca, elektabilitas juga dapat digunakan untuk mengukur kekuatan kandidat ataupun partai politik yang mengusungnya.

Editor:
YOVITA ARIKA
Bagikan
Logo Kompas
Logo iosLogo android
Kantor Redaksi
Menara Kompas Lantai 5, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 5347 710
+6221 5347 720
+6221 5347 730
+6221 530 2200
Kantor Iklan
Menara Kompas Lantai 2, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 8062 6699
Layanan Pelanggan
Kompas Kring
+6221 2567 6000