logo Kompas.id
OpiniNilai Ekonomi Kereta Cepat
Iklan

Nilai Ekonomi Kereta Cepat

Kereta cepat Jakarta-Bandung, sebagai pengalaman pertama (”unprecendented project”), perlu dikawal dengan cermat dan baik untuk meminimalkan berbagai konsekuensi yang tak diharapkan.

Oleh
SUTANTO SUHODHO
· 5 menit baca
https://cdn-assetd.kompas.id/RJKSw8cNoovdoQGfGrhvGcmFvbs=/1024x582/https%3A%2F%2Fkompas.id%2Fwp-content%2Fuploads%2F2021%2F12%2F20211223-Ilustrasi-Opini7-Nilai-Ekonomi-Kereta-Cepat_CLR_1640271732.jpg
Kompas

Didie SW

Di kawasan Eropa, Perancis sejak 1966 mengoperasikan kereta cepat (TGV)-nya sebagai kereta antar kota (inter-city-train). Langkah Perancis ini juga diikuti beberapa negara Eropa Barat lainnya, seperti Jerman, Italia, Spanyol, bahkan Eurostar yang menghubungkan Inggris, Perancis, Belgia, dan Belanda sejak 1994.

Jepang tahun 1964 telah memulai bullet-train (Shikansen)-nya, menghubungkan Tokyo dengan beberapa kota lain di kepulauan Honshu, seperti Yokohama, Osaka, Kyoto dan terus berkembang menghubungkan pulau-pulau lain, seperti Hokkaido, Shikoku, dan Kyushu.

Editor:
Sri Hartati Samhadi, Yohanes Krisnawan
Bagikan
Logo Kompas
Logo iosLogo android
Kantor Redaksi
Menara Kompas Lantai 5, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 5347 710
+6221 5347 720
+6221 5347 730
+6221 530 2200
Kantor Iklan
Menara Kompas Lantai 2, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 8062 6699
Layanan Pelanggan
Kompas Kring
+6221 2567 6000