logo Kompas.id
OpiniIndustrialisasi dan...
Iklan

Industrialisasi dan Komodifikasi Permainan Rakyat

Permainan rakyat sepak bola berhasil diformat menjadi sebuah komoditas. Keberadaannya memberikan peluang bisnis dengan hadirnya merek produk barang dan jasa yang memosisikan dirinya sebagai sponsor tontonan sepak bola.

Oleh
SUMBO TINARBUKO
· 5 menit baca
https://cdn-assetd.kompas.id/iwTMXas7UjfwXVV0PdBjQIBshrk=/1024x666/https%3A%2F%2Fkompas.id%2Fwp-content%2Fuploads%2F2021%2F07%2F20210702-Ilustrasi-Industrialisasi-dan-Komodifikasi-Permainan-Rakyat_1625238614.jpg
DIDIE SW

Didie SW

Seraya mengutip pemikiran James Walvin, sejarawan sepak bola Inggris, Trias Kuncahyono, wartawan senior, menorehkan tulisannya berjudul Piala Eropa 2020: Permainan Rakyat. Dalam representasi pendapatnya, Trias menuliskan kesaksiannya, permainan rakyat berjuluk sepak bola merupakan simbol budaya visual.

Pada sudut ini termaktub makna konotasi perihal kesamaan peluang dan perubahan. ”Sebagai the people’s game, sepak bola begitu sukses karena telah menjadi simbol kesamaan kesempatan dan perubahan”, tulisnya. Ditambahkan Trias sembari menyitir pendapat R Giulianotti dan R Robertson, dalam Globalization and Sport (2007), ”Dipadu secara sempurna dengan karakteristik utama masyarakat industri Barat modern—kerja tim dan kompetisi—menjadi sangat berhasil’’.

Editor:
yovitaarika
Bagikan
Logo Kompas
Logo iosLogo android
Kantor Redaksi
Menara Kompas Lantai 5, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 5347 710
+6221 5347 720
+6221 5347 730
+6221 530 2200
Kantor Iklan
Menara Kompas Lantai 2, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 8062 6699
Layanan Pelanggan
Kompas Kring
+6221 2567 6000