logo Kompas.id
OpiniPanggung bagi Konten yang Tak ...
Iklan

Panggung bagi Konten yang Tak Jahat

Peta media massa dan platform digital global dunia berubah. Media Australia serta Google dan Facebook bersepakat berbagi konten, yang tentu saja memenuhi kaidah jurnalistik yang baik.

Oleh
Redaksi
· 2 menit baca
https://cdn-assetd.kompas.id/TGav-OfneCvuf3Y8L39nBAjaVlk=/1024x798/https%3A%2F%2Fkompas.id%2Fwp-content%2Fuploads%2F2021%2F06%2F000_9B37PT_1622645666.jpg
AFP/X07403/MARTIN MEJIA

Calon presiden Pedro Castillo, di Arequipa, Peru, 30 Mei 2021, menampilkan berita utama surat kabar dalam debat terakhir dengan lawannya, capres Keiko Fujimori. Kepercayaan publik terhadap media massa arus utama seperti surat kabar cenderung tinggi.

Pada awal 2021, Reuters Institute mengadakan serangkaian diskusi dan wawancara warga di empat benua untuk mempelajari kepercayaannya kepada media massa.

Kepercayaan masyarakat kepada media massa terus berkembang, tergantung situasi, latar belakang warga, atau kepentingan di belakang warga dan media itu. Kepercayaan ada karena media massa memiliki sejarah panjang dalam membangun reputasi, melakukan verifikasi fakta dan data, memiliki profesionalisme, meskipun ada juga yang laporannya bias.

Editor:
A Tomy Trinugroho
Bagikan
Logo Kompas
Logo iosLogo android
Kantor Redaksi
Menara Kompas Lantai 5, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 5347 710
+6221 5347 720
+6221 5347 730
+6221 530 2200
Kantor Iklan
Menara Kompas Lantai 2, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 8062 6699
Layanan Pelanggan
Kompas Kring
+6221 2567 6000