logo Kompas.id
OpiniTajuk RencanaMenuju Kebangkitan Film Nasional

Menuju Kebangkitan Film Nasional

Dunia film menjadi salah satu yang terdampak pandemi Covid-19, termasuk mengoyak kehidupan pekerja film. Ironi di tengah Hari Film Nasional.

Oleh Redaksi
· 1 menit baca
Memuat data...
Kompas/Priyombodo

Rahmadia (tengah) berlatih aksi bela diri untuk film laga di Studio Piranha Stunt Indonesia, Depok, Jawa Barat, Jumat (26/3/2021). Rahmadia adalah salah seorang pendiri Piranha Stunt Indonesia. Rahmadia yang merupakan pemeran pengganti aksi laga dan berbahaya untuk film ini mengatakan turut terdampak pandemi Covid-19 yang memukul industri film di dalam negeri.

Produksi film Indonesia sebetulnya  menunjukkan grafis membaik beberapa tahun sebelum 2020, saat pandemi mulai melanda Indonesia. Sesuai data Filmindonesia.or.id, yang disarikan Litbang Kompas, pada 2017 total film Indonesia mencapai 118 film,  lalu melonjak menjadi 146 film pada 2018. Total produksi 2019 menurun, tetapi lebih banyak dari 2017, yakni 130 film.

Namun, produksi film menurun drastis tahun lalu karena  pandemi. Pada 2020 hanya 53 film yang  dibuat. Periode Januari hingga Maret, tercatat 26 film diproduksi. Setelah itu, April hingga Juli 2020, yang notabene empat bulan pertama pandemi, produksi film  nol. Produksi film menggeliat lagi mulai Agustus hingga Desember, dengan 27 film diproduksi.

Editor: Adi Prinantyo
Bagikan
Memuat data..