logo Kompas.id
Pendidikan & KebudayaanPelaku Industri Film Berharap Pemerintah Bantu Fasilitasi Produksi hingga Distribusi

Pelaku Industri Film Berharap Pemerintah Bantu Fasilitasi Produksi hingga Distribusi

Pemerintah pusat dan daerah diharapkan membantu mengatasi persoalan terganggunya produksi sampai distribusi film nasional karena pandemi Covid-19.

Oleh Mediana
· 1 menit baca
Memuat data...
KOMPAS/KRISTI DWI UTAMI

Petugas mempersiapkan diri menyambut anggota Satuan Tugas Penanganan Covid-19 yang akan memeriksa penerapan protokol kesehatan di salah satu bioskop di Kota Tegal, Jawa Tengah, Sabtu (30/1/2021). Saat kasus Covid-19 di wilayahnya belum terkendali, Pemerintah Kota Tegal berencana membuka kembali bioskop pada 1 Februari 2021. Protokol kesehatan ketat akan diterapkan untuk menekan risiko penyebaran Covid-19.

JAKARTA, KOMPAS — Bioskop menempati porsi dominan dalam pendistribusian film nasional. Terganggunya operasional bioskop karena kebijakan pembatasan sosial akibat Covid-19 menyebabkan peredaran film menjadi kesusahan.

Mengutip laporan ”Pemandangan Umum Industri Film Indonesia (2020)”, kebijakan pembatasan sosial mulai diperlunak pada pertengahan 2020. Rencana pembukaan kembali bioskop sempat muncul, yaitu 29 Juli 2020, tetapi tidak terealisasi karena kasus positif Covid-19 masih meningkat.

Editor: Aloysius Budi Kurniawan
Bagikan
Memuat data..