logo Kompas.id
OpiniPendekatan Kelokalan dalam...
Iklan

Pendekatan Kelokalan dalam Pendidikan Vokasi Era Industri Kreatif

Sebaiknya model pendidikan vokasi yang diberlakukan tidak mengedepankan keseragaman, sebaliknya mengedepankan kurikulum yang berorientasi kelokalan. Hal ini jadi nilai tambah tersendiri bagi lembaga pendidikan vokasi.

Oleh
SUMBO TINARBUKO
· 4 menit baca
https://cdn-assetd.kompas.id/mpQtIBRmaeVz6sNXY13f_vuRkL4=/1024x586/https%3A%2F%2Fkompas.id%2Fwp-content%2Fuploads%2F2020%2F09%2Fa1dced49-ea89-42d2-af84-47e560271270_jpg.jpg
Kompas/Bahana Patria Gupta

Siswa Jurusan Pedalangan SMK Negeri 12 Surabaya, Jawa Timur, di dalam kelas, Rabu (2/9/2020). Sekolah menengah kejuruan seni tersebut kembali menyelenggarakan sekolah tatap muka dan memberlakukan sistem sekolah bergilir bagi siswanya. Dalam satu hari dibagi dalam dua sif dan setiap sif hanya dihadiri oleh 300 siswa. Hal tersebut sebagai persiapan siswa kelas XI untuk magang serta persiapan XII untuk tugas akhir.

Tulisan Wikan Sakarinto, Dirjen Pendidikan Vokasi Kemendikbud, yang dimuat di kolom opini harian Kompas (1/3/2021) berjudul ”Defragmentasi Pendidikan Vokasi Indonesia’’ menarik dijadikan bahan diskusi.

Dalam anggitannya, Dirjen Pendidikan Vokasi menulis, ”… Lulusan vokasi saat ini diproyeksikan tidak hanya untuk bekerja, tetapi juga memiliki kemampuan untuk berwirausaha dan tentunya juga melanjutkan studi. Kebijakan pengembangan vokasi saat ini juga telah diarahkan untuk memiliki pola pikir start from the end’’. Artinya, menurut Wikan, vokasi harus bias menghadirkan solusi permasalahan di masyarakat dengan berbagai tantangannya.

Editor:
yohaneskrisnawan
Bagikan
Logo Kompas
Logo iosLogo android
Kantor Redaksi
Menara Kompas Lantai 5, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 5347 710
+6221 5347 720
+6221 5347 730
+6221 530 2200
Kantor Iklan
Menara Kompas Lantai 2, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 8062 6699
Layanan Pelanggan
Kompas Kring
+6221 2567 6000