logo Kompas.id
OlahragaPemanjat Jawa Barat Pecahkan Rekor Veddriq Leonardo

Pemanjat Jawa Barat Pecahkan Rekor Veddriq Leonardo

Pemanjat Jawa Barat Raharjati Nursyamsa membuat kejutan karena berhasil memecahkan rekor dunia Veddriq Leonardo dalam final speed world record perseorangan putra PON Papua 2021. Namun, rekor itu tidak bisa diklaim dunia.

Oleh
ADRIAN FAJRIANSYAH
· 1 menit baca
Memuat data...
KOMPAS/RONY ARIYANTO NUGROHO

Aksi atlet tim putra panjat tebing Kalimantan Timur Jamal Al Hadad dalam final beregu boulder putra cabang panjat dinding pada PON Papua 2021 di Arena Panjat Dinding Mimika, Kabupaten Timika, Papua, Jumat (1/10/2021). Tim putra panjat dinding Kalimantan Timur yang terdiri dari Michael Owen Parhorosan Siburian, Pangeran Septo Wibowo Siburian, Jamal Al Hadad, dan Angga Cahya meraih medali perunggu dalam nomor ini.

TIMIKA, KOMPAS – Kejutan terjadi di hari kelima perlombaan panjat dinding Pekan Olahraga Nasional Papua 2021 di Kota Timika, Kabupaten Mimika, Jumat (1/10/2021) pukul 08.00 WIT. Pemanjat asal Jawa Barat Raharjati Nursyamsa berhasil memecahkan rekor Veddriq Leonardo dengan waktu 5,143 detik dalam semi final nomor speed world record perseorangan putra. Sayangnya, catatan itu tidak bisa diklaim sebagai rekor dunia baru karena arena pertandingan yang tidak berlisensi internasional.

”Dinding dan pencatat waktu di sini belum mendapatkan sertifikat dari IFSC (Federasi Olahraga Panjat Dinding Internasional. Maka itu, catatan waktu tersebut tidak bisa diklaim sebagai rekor dunia baru. Namun, ini capaian luar biasa bagi Raharjati yang masih berusia 21 tahun dan baru kali ini ikut PON. Lawannya pun bukan atlet sembarangan, yakni Veddriq yang juara dunia dan memegang rekor dunia,” ujar pelatih kepala tim panjat dinding Jawa Barat Andri Prasetyo saat ditemui, Jumat sore.

Editor:
Emilius Caesar Alexey
Bagikan