logo Kompas.id
OlahragaKlub-Klub Liga 1 Indonesia di Ambang Krisis Finansial

Klub-Klub Liga 1 Indonesia di Ambang Krisis Finansial

Sudah lebih dari 500 hari kompetisi sepak bola profesional di Indonesia terhenti. Klub-klub berada di jurang kebangkrutan apabila Liga 1 dan Liga 2 musim 2021-2022 tidak berjalan sesegera mungkin.

Oleh MUHAMMAD IKHSAN MAHAR
· 1 menit baca
Memuat data...
KOMPAS/RONY ARIYANTO NUGROHO

Bek Bhayangkara FC I Putu Gede Juni Antara (kanan) berebut bola dengan striker Persija Jakarta Marko Simic (kiri) dalam laga Liga 1 di Stadion PTIK, Jakarta Selatan, Sabtu (14/3/2020). Kompetisi sepak bola Indonesia terus vakum sejak Maret lalu hingga kini akibat pandemi Covid-19.

Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) dan PT Liga Indonesia Baru (LIB) telah menetapkan bahwa Liga 1 Indonesia 2021-2022 akan dimulai pada 20 Agustus mendatang. Meski begitu, sejumlah klub masih meragukan ketepatan jadwal permulaan kompetisi itu.

Pasalnya, pengumuman yang disampaikan PSSI dan PT LIB melalui laman resmi, Selasa (3/8/2021) kemarin, itu belum dibarengi dengan pernyataan dari Menteri Pemuda Olahraga Zainudi Amali dan Satuan Tugas Penanggulangan Covid-19. Hal itu berbeda dibandingkan ketika PT LIB hendak melaksanakan Piala Menpora 2021 pada 21 Maret lalu.

Editor: Yulvianus Harjono
Bagikan