logo Kompas.id
NusantaraPercepat Layanan, Badan...
Iklan

Percepat Layanan, Badan Karantina Luncurkan Enam Aplikasi Digital

Meningkatnya aktivitas perdagangan komoditas pertanian dan perikanan membutuhkan layanan yang semakin cepat. Badan Karantina Indonesia luncurkan enam aplikasi digital untuk tingkatkan pelayanan.

Oleh
VINA OKTAVIA
· 3 menit baca
Kepala Badan Karantina Pertanian Bambang (ketiga dari kiri) melihat layanan terpadu karantina dan kepabeanan di Pelabuhan Internasional Petikemas Belawan, Medan, Sumatera Utara, Sabtu (8/4/2023).
KOMPAS/NIKSON SINAGA

Kepala Badan Karantina Pertanian Bambang (ketiga dari kiri) melihat layanan terpadu karantina dan kepabeanan di Pelabuhan Internasional Petikemas Belawan, Medan, Sumatera Utara, Sabtu (8/4/2023).

BANDAR LAMPUNG, KOMPAS — Badan Karantina Indonesia meluncurkan enam aplikasi layanan inovasi untuk mempercepat layanan karantina. Uji coba aplikasi tersebut dilakukan menuju sistem terpadu.

Enam aplikasi tersebut ialah Sistem Laboratorium Terintegrasi Karantina Indonesia (Silasik), Quarantine-Sistem Informasi Perkarantinaan Indonesia Terintegrasi (Q-Ipas), dan Sistem Manajemen Pelatihan Karantina (Simpatik). Selain itu, ada aplikasi Sistem Pengawasan dan Pengendalian Cites Karantina Indonesia (Specia), Sistem Ketertelusuran Karantina Terintegrasi (Sikatrin), dan Strategi Peningkatan Pelayanan Karantina terhadap Ekspor Pertanian dalam Mendukung Strategi Nasional Pencegahan Korupsi (Stranas PK). Keenam aplikasi itu dibuat oleh pejabat internal Badan Karantina Indonesia.

Editor:
IRMA TAMBUNAN
Bagikan
Logo Kompas
Logo iosLogo android
Kantor Redaksi
Menara Kompas Lantai 5, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 5347 710
+6221 5347 720
+6221 5347 730
+6221 530 2200
Kantor Iklan
Menara Kompas Lantai 2, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 8062 6699
Layanan Pelanggan
Kompas Kring
+6221 2567 6000