logo Kompas.id
NusantaraIndustri Media Butuh Adaptasi ...
Iklan

Industri Media Butuh Adaptasi Digital dan Model Bisnis yang Tepat

Dengan manajemen dan model bisnis yang tepat, media massa tetap bisa memberikan informasi kepada masyarakat di tengah badai konten dari dunia maya.

Oleh
MACHRADIN WAHYUDI RITONGA
· 3 menit baca
Rahmad (53) berjualan koran dengan berkeliling Pasar Jatinegara, Jakarta Timur, Minggu (10/10/2021). Menurut Rahmad, kini pembeli koran kian sedikit dan pendapatannya turun drastis. Perkembangan media digital kini menjadi tantangan bagi media konvensional seperti surat kabar, tabloid, dan majalah.
KOMPAS/YUNIADHI AGUNG (MYE)

Rahmad (53) berjualan koran dengan berkeliling Pasar Jatinegara, Jakarta Timur, Minggu (10/10/2021). Menurut Rahmad, kini pembeli koran kian sedikit dan pendapatannya turun drastis. Perkembangan media digital kini menjadi tantangan bagi media konvensional seperti surat kabar, tabloid, dan majalah.

BANDUNG, KOMPAS — Industri media massa tidak akan mati hanya karena disrupsi digital. Dengan manajemen dan model bisnis yang tepat, media massa tetap bisa memberikan informasi kepada masyarakat di tengah badai konten dari dunia maya.

Ketua Komisi Pendidikan dan Pengembangan Profesi Pers Dewan Pers Paulus Tri Agung Kristanto menyatakan, mau tidak mau, media harus mengikuti perkembangan zaman. Salah satu alasannya adalah sebagian konsumen yang merupakan generasi milenial dan di bawahnya lebih akrab dengan akses digital dibandingkan produk fisik.

Editor:
AUFRIDA WISMI WARASTRI
Bagikan
Logo Kompas
Logo iosLogo android
Kantor Redaksi
Menara Kompas Lantai 5, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 5347 710
+6221 5347 720
+6221 5347 730
+6221 530 2200
Kantor Iklan
Menara Kompas Lantai 2, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 8062 6699
Layanan Pelanggan
Kompas Kring
+6221 2567 6000