Patok Target Juara Liga 1, Persib Bandung Gaet 11 Sponsor
Persib Bandung menggaet 11 sponsor untuk menjalani Liga 1 2021-2022. Dukungan mitra komersial menjadi modal penting bagi tim berjuluk ”Maung Bandung” itu untuk mewujudkan target juara musim ini.
Oleh
TATANG MULYANA SINAGA
·3 menit baca
BANDUNG, KOMPAS — Persib Bandung menggaet 11 sponsor untuk menjalani Liga 1 2021-2022. Dukungan mitra komersial menjadi modal penting bagi tim berjuluk ”Maung Bandung” itu untuk mewujudkan target juara musim ini.
Sponsor itu adalah Indofood, Permata Bank Syariah, Intersport Soccer, Kopi ABC, Telkomsel, dan Mobil Pom Mikro. Selain itu, masih ada Halodoc, Indaco Warna Dunia, Panther Energy Drink, Didimax, dan Sportama.
Perusahaan-perusahaan tersebut telah bermitra dengan Persib di musim-musim sebelumnya. ”Dalam situasi yang tidak gampang (pandemi Covid-19), para mitra tetap bertahan. Hal ini menunjukkan komitmen tinggi, tidak hanya untuk kami, tetapi sepak bola Indonesia. Persib akan bekerja keras untuk juara,” ujar Vice President of Partnership and Activation Persib Gabriella Witdarmono dalam temu media secara daring, Kamis (26/8/2021).
Gabriella tidak menyebutkan pemasukan klub yang diperoleh dari sponsor itu. Ia mengatakan, pihaknya masih menjalin komunikasi dengan sejumlah perusahaan untuk diajak bekerja sama.
Kepastian bergulirnya Liga 1 dan Liga 2 didapat seusai penyerahan izin kompetisi dari Kepala Polri Jenderal (Pol) Listyo Sigit Prabowo kepada Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali, Senin (23/8/2021). Laga pembuka digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Jumat (27/8/2021), yang mempertemukan Bali United dengan Persik Kediri.
Di tengah pandemi, liga wajib dijalankan dengan protokol kesehatan ketat. Oleh sebab itu, pertandingan akan digelar tanpa penonton.
Dukungan mitra komersial menjadi modal penting bagi tim berjuluk ”Maung Bandung” itu untuk mewujudkan target juara musim ini.
Kondisi itu membuat manajemen klub harus beradaptasi dalam mengelola bisnis. Sebab, selama ini penjualan tiket penonton merupakan sumber pendapatan utama klub selain dari sponsor dan hak siar.
Gabriella mengatakan, pihaknya terus berinovasi mengatasi keterbatasan akibat pandemi. Kegiatan dengan platform digital lebih banyak dielaborasi agar bisa dioptimalkan sebagai sumber pemasukan klub.
Akun media sosial dan web digital juga dimaksimalkan untuk kegiatan sponsor. Hingga Kamis pukul 13.00, akun Instagram Persib mempunyai 4,7 juta pengikut, sementara kanal Youtube Persib memiliki 1,14 juta pelanggan.
Head Regional Bank Permata Bank Syariah Jabar Singso Setiono menyambut baik kembali bergulirnya Liga 1. Pihaknya telah menyiapkan sejumlah program kolaborasi dengan Persib yang tahun lalu tertunda karena pandemi.
”Tahun lalu kegiatannya online. Gaungnya tidak cukup. Kami berharap musim ini bisa dilakukan offline, tetapi tentu dengan protokol kesehatan yang ketat,” ujarnya.
Gelandang Persib, Dedi Kusnandar, menuturkan, saat ini para pemain telah berlatih secara tim. Sebelumnya, pemain hanya berlatih dalam kelompok kecil dan sendiri-sendiri yang diulas secara daring.
”Ini yang ditunggu-tunggu pemain, bisa latihan bersama lagi, dan kompetisi segera dimulai. Harus tetap patuhi protokol kesehatan agar semuanya lancar,” ucapnya.
Saat ini, skuad Persib telah berkumpul di Bandung, termasuk pemain asing mereka, Wander Luiz dan Geoffrey Castillion. Tim yang dilatih Robert Rene Alberts itu mempunyai materi pemain mumpuni, mulai dari kiper berpengalaman I Made Wirawan, bek senior Supardi dan Victor Igbonefo, gelandang jangkar Marc Klok, serta penyerang sayap Febri Hariyadi.
Persib mempunyai catatan manis pada Liga 1 musim lalu. Sebelum liga dihentikan, Persib menyapu bersih tiga pertandingan awal dengan kemenangan sehingga menjadi pemuncak klasemen sementara.