logo Kompas.id
NusantaraMasyarakat Pantura Jateng Tetap Shalat Jumat

Masyarakat Pantura Jateng Tetap Shalat Jumat

Sebagian warga di kawasan pesisir pantai utara bagian barat Jateng tetap melaksanakan shalat Jumat. Masjid pun mengharuskan tangan warga disemprot disinfektan dan tak lagi menyediakan sajadah.

Oleh KRISTI UTAMI
· 1 menit baca
Memuat data...
KOMPAS/KRISTI UTAMI

Warga menyemprotkan cairan antiseptik ke telapak tangan jemaah Masjid Agung Kota Tegal, Jateng, Jumat (20/3/2020). Hal itu dilakukan untuk meminimalkan risiko penularan virus korona terbaru atau SARS-CoV-2.

TEGAL, KOMPAS — Meski sudah diimbau untuk menunda kegiatan keagamaan yang bersifat massal, (20/3/2020), sejumlah masyarakat di kawasan pesisir pantai utara bagian barat Jawa Tengah tetap melaksanakan shalat Jumat. Sejumlah antisipasi, seperti penyemprotan cairan disinfektan di area masjid, penggulungan karpet, dan penyemprotan cairan antiseptik, dilakukan untuk mencegah penularan Covid-19.

Maraknya penyebaran virus korona jenis baru atau SARS-CoV-2 tidak menyurutkan antusiasme masyarakat pesisir pantura bagian barat Jateng untuk beribadah berjemaah. Di Kota Tegal, misalnya, berdasarkan pantauan Kompas, sekitar seribu orang berbondong-bondong mendatangi Masjid Agung Kota Tegal, Jumat siang, untuk menjalankan ibadah shalat Jumat.

Editor: Siwi Yunita
Bagikan
Memuat data..