logo Kompas.id
NusantaraGunung Semeru Erupsi Rutin, Waspadai Gangguan Penerbangan

Gunung Semeru Erupsi Rutin, Waspadai Gangguan Penerbangan

Gunung Semeru di Lumajang, Jawa Timur, Jumat (17/01/2020) pukul 17.32 WIB erupsi. Gangguan terhadap aktivitas penerbangan akibat abu vulkanik diwaspadai.

Oleh
DAHLIA IRAWATI
· 1 menit baca
Memuat data...
KOMPAS/DAHLIA IRAWATI

Status Semeru Waspada - Foto Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang, jatim, Sabtu (18/01/2020). Semeru adalah gunung yang rutin erupsi setiap hari. Hingga kini, status Semeru tetap Waspada Level II.KOMPAS/DAHLIA IRAWATI2020-01-18

LUMAJANG, KOMPAS – Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Jumat (17/01/2020) pukul 17.32 WIB erupsi dengan mengeluarkan kolom abu setinggi 600 meter. Pusat Vulkanologi Mitigasi Bencana Geologi mengeluarkan peringatan gangguan abu vulkanik untuk penerbangan atau Volcano Observatory Notice for Aviation (VONA). Meski begitu, kondisi erupsi pada Semeru tersebut dinilai rutin.

“Pada hari Jumat, Semeru memang erupsi dengan visual teramati kolom abu berwarna putih hingga kelabu, berintensitas sedang hingga tebal dan mengarah ke utara. Erupsi ini terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 24 milimeter dan durasi lebih kurang 1 menit 39 detik,” kata Liswanto, Kepala Pos Pengamatan Gunung Semeru di Gunung Sawur, Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Sabtu (18/01/2020).

Editor:
Gregorius Magnus Finesso
Bagikan