logo Kompas.id
MetropolitanApresiasi terhadap...
Iklan

Apresiasi terhadap Transformasi Angkutan Umum Ibu Kota

Komitmen Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk menghadirkan transportasi umum yang layak dan nyaman bagi masyarakat Ibu Kota terus ditunjukkan dengan pembenahan di berbagai aspek layanan.

Oleh
Eren marsyukrilla
· 2 menit baca

Komitmen Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk menghadirkan transportasi umum yang layak dan nyaman bagi masyarakat Ibu Kota terus ditunjukkan dengan pembenahan di berbagai aspek layanan. Termasuk dengan melakukan integrasi moda angkutan umum dalam konsep yang lebih dikenal dengan JakLingko. Para penumpang angkutan umum yang harus menggunakan lebih dari satu moda pun saat ini lebih dimudahkan dengan pembelian tiket dan pembayaran satu pintu. Moda yang terintegrasi tersebut mencakup Transjakarta, KRL Commuter Line, MRT, LRT, serta MiniTrans/MikroTrans.

Berbagai langkah konkret perubahan itu pun berdampak dan mendapat apresiasi dari masyarakat. Hal itu terekam dari hasil jajak pendapat yang dilakukan Kompas pada 504 responden yang berdomisili di DKI Jakarta dan wilayah sekitarnya. Tingkat kepuasan masyarakat terbaca positif merata pada semua aspek kualitas pelayanan angkutan. Tidak kurang tujuh dari sepuluh responden mengungkapkan pelayanan angkutan umum di Jakarta terkait aspek ketepatan waktu dan metode pembayaran, termasuk tarif, semakin terkelola dengan lebih baik. Bahkan pada aspek kebersihan dan kenyamanan, fasilitas angkutan umum diapresiasi lebih dari 88,6 persen responden.

Hasil survei juga menangkap sejumlah alasan orang lebih memilih menggunakan angkutan umum untuk mobilitas di perkotaan. Mulai dari kepraktisan, biaya yang murah, hingga terbebas dari kemacetan menjadi keunggulan yang tidak dipenuhi saat menggunakan kendaraan pribadi. Segenap langkah pembenahan yang dilakukan tersebut tak lain untuk menjadikan transportasi umum lebih diminati oleh masyarakat.

Editor:
Bagikan
Logo Kompas
Logo iosLogo android
Kantor Redaksi
Menara Kompas Lantai 5, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 5347 710
+6221 5347 720
+6221 5347 730
+6221 530 2200
Kantor Iklan
Menara Kompas Lantai 2, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 8062 6699
Layanan Pelanggan
Kompas Kring
+6221 2567 6000