Animo Pengunjung JakCloth di JCC Senayan Lampaui Ekspektasi
JakCloth tahun ini melibatkan 340 jenama dan diselenggarakan pada 22-30 April 2022. Antusiasme pengunjung melebihi ekspektasi.
Oleh
ERIKA KURNIA
·2 menit baca
JAKARTA, KOMPAS — Ajang pameran dan penjualan aneka busana tren JakCloth diselenggarakan di Jakarta Convention Center, Senayan, Jakarta Pusat, 22-30 April 2022. Masih di tengah pandemi Covid-19, pengunjung kian ramai bersamaan dengan cairnya tunjangan hari raya Lebaran.
JakCloth tahun ini melibatkan 340 jenama yang mengisi dua hall di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan. Beragam produk, seperti baju, tas, dan sepatu produksi lokal, dijual dengan harga terjangkau. Setiap pengunjung wajib membeli tiket dengan harga Rp 25.000, menunjukkan bukti vaksin minimal dosis kedua dengan aplikasi Peduli Lindungi, dan mengikuti aturan protokol kesehatan.
”Jumlah pengunjung per hari kemarin saja sampai sekitar 9.000 orang. Antusiasme ini enggak kami sangka. Apalagi, tenant belum percaya diri karena dua tahun ini sulit, ada yang bangkrut, ada yang enggak produksi lagi,” kata Novianti Bustomi selaku anggota tim penyelenggara JakCloth saat ditemui pada Minggu (24/4/2022).
Minggu sore, pengunjung berbondong-bondong mendatangi tempat penyelenggaraan JakCloth. Selain remaja laki-laki yang menjadi pasar ajang itu, juga banyak terlihat pengunjung remaja perempuan dan keluarga. Pengunjung pun tidak terlihat terlalu berdesakan karena area pameran yang luas.
Diselenggarakan serentak di beberapa daerah, seperti Lampung, Malang, dan Bekasi, JakCloth di Jakarta tahun ini diakui lebih meriah dengan tetap menerapkan protokol kesehatan. Jumlah pengunjung tahun ini diperkirakan bisa 2-3 kali lipat dibandingkan acara pada Desember 2021. Pada acara tahun lalu, JakCloth hanya diadakan di satu hall, melibatkan setengah dari jenama yang berpartisipasi tahun ini.
Ramainya pengunjung di tahun kedua pandemi ini juga diyakini karena waktu acara bertepatan dengan masa jelang Lebaran. Hal ini pun diharapkan bisa membantu pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) yang mengisi acara JakCloth agar kembali bangkit dari keterpurukan.
Sejalan dengan misi itu, penyelenggara acara tahun ini juga mengadakan gelaran pakaian muslimah dengan nama Hijabmarket 2022. Acara itu diselenggarakan bersebelahan dengan lokasi penyelenggaraan JakCloth.
”JakCloth berkolaborasi bersama Hijabmarket 2020 Alasannya, dulu ibu-ibu nungguin anaknya belanja di JakCloth, sekarang bisa ikut belanja juga. Jadi, konsepnya pengin semua ikut belanja,” imbuh Novianti.
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan pada acara peresmian dua acara tersebut, Jumat (22/4/2022), mendukung penyelenggaraan kedua acara itu. Ia berharap JakCloth dan Hijabmarket dapat memberi dampak pada pergerakan ekonomi di Jakarta.
”Saya pastikan bahwa sesudah event ini, ada ikhtiar untuk mereka (UMKM) agar lebih besar lagi, karena berada di tempat pameran kita bisa bertemu dengan pembeli. Lebih dari itu, kami ingin setelah acara selesai, mohon dipromosikan, dibantu memasarkan produknya, sehingga mereka makin berkembang dalam menghasilkan karya serta memperluas jangkauan pasarnya,” ujar Anies.