logo Kompas.id
MetropolitanKeamanan Pembayaran Digital
Iklan

Keamanan Pembayaran Digital

Hasil jajak pendapat pada akhir Januari 2022 merekam 64 persen responden yakin pemerintah akan meningkatkan keamanan pembayaran digital.

Oleh
Arita Nugraheni
· 1 menit baca

Hasil jajak pendapat pada akhir Januari 2022 merekam 64 persen responden yakin pemerintah akan meningkatkan keamanan pembayaran digital. Optimisme ini diharapkan menyumbang dukungan bagi percepatan pengembangan ekosistem ekonomi digital di Indonesia. Dukungan ini sekaligus kritik pada upaya pemerintah dalam menguatkan literasi konsumen. Sebab, sebagian besar publik yang bertransaksi daring masih menggunakan metode pembayaran tunai. Keengganan menggunakan metode pembayaran elektronik karena faktor keamanan (Kompas, 13/2/2022).

Salah satu langkah untuk menjamin kemanan pembayaran diupayakan Bank Indonesia melalui Blueprint Sistem Pembayaran Indonesia 2025 dengan judul “Menavigasi Sistem Pembayaran Nasional di Era Digital”. Salah satunya adalah menerapkan syarat minimum pemenuhan keamanan bank dan teknologi finansial, termasuk otentikasi, otorisasi, dan enkripsi.

Jaminan pada keamanan pembayaran sekaligus menunjang volume transaksi digital yang terus naik dengan volume transaksi elektronik sepanjang 2021 mencapai 5,45 miliar transaksi. Angka tersebut meningkat 17,8 persen dari tahun sebelumnya atau hampir lima kali lipat dari lima tahun lalu.

Editor:
Bagikan
Logo Kompas
Logo iosLogo android
Kantor Redaksi
Menara Kompas Lantai 5, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 5347 710
+6221 5347 720
+6221 5347 730
+6221 530 2200
Kantor Iklan
Menara Kompas Lantai 2, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 8062 6699
Layanan Pelanggan
Kompas Kring
+6221 2567 6000