logo Kompas.id
MetropolitanKepedulian dan Donasi Kita Menjaga Kelestarian Bumi

Kepedulian dan Donasi Kita Menjaga Kelestarian Bumi

Tugas mengelola, menjaga, dan melestarikan lingkungan hidup tentu saja tidak hanya menjadi tanggung jawab pemerintah. Peran serta masyarakat dalam mendukung program pelestarian lingkungan sangat dibutuhkan.

Oleh
Yoesep Budianto/MB Dewi Pancawati/Litbang Kompas
· 1 menit baca
Memuat data...
KOMPAS/TOTOK WIJAYANTO

Komunitas Jaga Rimba dan Walhi Jakarta yang tergabung dalam Gerakan Jeda untuk Iklim menggelar aksi di depan kantor Standard Chartered Bank di Jakarta, Jumat (19/3/2021). Mereka menuntut agar perusahaan keuangan tersebut berhenti mendanai industri batubara. Menurut data Gerakan Jeda untuk Iklim, Standard Chartered Bank menginvestasikan miliaran dollar AS kepada perusahaan bahan bakar fosil di seluruh dunia.

Minat masyarakat berdonasi untuk program pelestarian lingkungan terbilang tinggi. Masyarakat juga menunjukkan kepeduliannya terhadap lingkungan dengan berbagai aksi nyata.

Tanpa disadari, bumi yang kita pijak semakin tua dengan lingkungan yang semakin buruk. Berdasarkan dokumen Global Risk Report 2020 dan 2021, ancaman terbesar global didominasi oleh faktor lingkungan dibandingkan faktor ekonomi, geopolitik, sosial budaya, dan teknologi. Dalam lima tahun terakhir, risiko lingkungan global yang muncul antara lain cuaca ekstrem, kegagalan aksi iklim, bencana alam, kehilangan biodiversitas, bencana lingkungan karena manusia, dan kerusakan lingkungan skala besar.

Editor:
hamzirwan
Bagikan