logo Kompas.id
MetropolitanMenemukan Ondel-ondel Betawi Asli di Media Sosial

Menemukan Ondel-ondel Betawi Asli di Media Sosial

Yogie Ahmad (38), pembuat konten Betawi, tak hanya memanfaatkan kanal Youtube untuk mengenalkan ondel-ondel Betawi. Kanal itu juga digunakan untuk mengedukasi dan memurnikan ondel-ondel Betawi.

Oleh STEFANUS ATO
· 1 menit baca
Memuat data...
KOMPAS/STEFANUS ATO

Ketua Komunitas Sanggar Ondel-Ondel DKI Jakarta Yogie Ahmad

Ondel-ondel yang sering ditemui di jalanan Ibu Kota dan dimanfaatkan sebagian warga untuk meraup penghasilan dengan mengamen sejatinya bukan gambaran ondel-ondel kebudayaan Betawi. Ondel-ondel jalanan itu dinilai mengabaikan pakem ondel-ondel Betawi dan melunturkan sakralitas serta nilai luhur dari ondel-ondel Betawi. Gambaran jati diri ondel-ondel Betawi selalu ditampilkan berpasangan, dihias dengan rapi, dan dalam atraksinya selalu diiringi musik khas Betawi.

Semangat mengembalikan ondel-ondel sesuai dengan pakem Betawi ini mulai dipahami Yogie Ahmad (38), seorang pembuat konten (content creator) Betawi, sejak fokus membuat konten video tentang ondel-ondel yang ia mulai pada 2016. Ketertarikan pada ondel-ondel mulai ia geluti seiring keseriusannya membuat konten video atraksi ondel-ondel yang ditemui di berbagai kegiatan car free day (hari bebas kendaraan bermotor/HBKB) di Jakarta saat itu.

Editor: nelitriana
Bagikan
Memuat data..