logo Kompas.id
LinimasaGelombang Panas di India

Gelombang Panas di India

Musim panas datang lebih dini di wilayah Asia Selatan. Cuaca panas yang biasa terjadi di bulan Mei sudah muncul sejak Maret di India dan Pakistan. Perubahan iklim kian mengancam kehidupan Bumi.

Oleh
ANDREAS YOGA PRASETYO
· 1 menit baca
Buruh mengangkat batubara di wilayah Dhanbad, negara bagian Jharkhand, India (24/9/2021).  Batubara menjadi sumber energi penting bagi pasokan listrik di India.
AP PHOTO/ALTAF QADRI

Buruh mengangkat batubara di wilayah Dhanbad, negara bagian Jharkhand, India (24/9/2021). Batubara menjadi sumber energi penting bagi pasokan listrik di India.

Pada 6 Mei 2022, Departemen Meterologi Pakistan mengeluarkan peringatan dini tentang ancaman gelombang panas ekstrem. Mitigasi tersebut mengingatkan warga yang bermukim di wilayah Punjab, Islamabad, Khyber Pakhtunkhwa, Gilgit-Baltistan, dan Kashmir untuk bersiap menghadapi kemungkinan naiknya temperatur suhu di siang hari. Suhu diperkirakan naik antara 7-9 derajat celsius di atas rata-rata suhu normal.

Peringatan dini gelombang panas juga diberikan kepada masyarakat yang tinggal di wilayah Sindh dan Balochistan. Otoritas Pakistan menyarankan warganya agar menghindari paparan sinar matahari langsung, bersiap akan ancaman kekurangan air, serta peningkatan kebutuhan energi terutama listrik.

Editor:
YOHAN WAHYU
Bagikan