logo Kompas.id
KesehatanAkselerasi Vaksinasi Warga Lansia Butuh Sistem Dukungan yang Kuat

Akselerasi Vaksinasi Warga Lansia Butuh Sistem Dukungan yang Kuat

Meski punya risiko besar untuk terpapar Covid-19 dan termasuk kelompok prioritas vaksinasi, cakupan vaksinasi warga lansia di Indonesia masih rendah.

Oleh ADHITYA RAMADHAN
· 1 menit baca
Memuat data...
AFP/JORGE BERNAL

Seorang lansia diperiksa suhunya sebelum dia dapat mendaftar untuk mendapatkan dosis pertama vaksin Sputnik V Rusia untuk melawan penyakit virus korona baru di Fakultas Kedokteran Universitas Tinggi San Andres (UMSA) di La Paz, Bolivia, Selasa (27/4/2021).

JAKARTA, KOMPAS — Cakupan vaksinasi Covid-19 untuk warga lansia masih jauh tertinggal. Padahal, warga lansia adalah kelompok prioritas yang berisiko tinggi terinfeksi Covid-19. Percepatan cakupan vaksinasi warga lansia akan membutuhkan lingkungan sekitar yang juga mendukung dan membantu, terutama keluarga.

”Seharusnya vaksinasi warga lansia sudah selesai Juli 2021. Tapi, kenyataannya cakupannya masih rendah,” kata Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kementerian Kesehatan Siti Nadia Tarmizi dalam diskusi yang diadakan oleh Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN) di Jakarta, Jumat (13/8/2021).

Editor: Ichwan Susanto
Bagikan
Memuat data..