logo Kompas.id
KesehatanVaksin AstraZeneca Dipastikan Aman, Vaksinasi Dapat Dilanjutkan

Vaksin AstraZeneca Dipastikan Aman, Vaksinasi Dapat Dilanjutkan

Vaksinasi dengan menggunakan vaksin AstraZeneca hingga kini masih tetap berlangsung dan tetap dijalankan serta tidak ditemukan adanya KIPI yang berat pascapenyuntikan

Oleh DEONISIA ARLINTA
· 1 menit baca
Memuat data...
KOMPAS/BAHANA PATRIA GUPTA

Pekerja mengikuti Vaksinasi Massal Covid-19 di Bandara Juanda Surabaya di Sidoarjo, Jawa Timur, Selasa (30/3/2021). Sebanyak 2300 pekerja yang ada di Bandara Juanda mendapatkan vaksin covid. Vaksin yang digunakan adalah AstraZeneca.

JAKARTA, KOMPAS – Komisi Nasional Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi telah merekomendasikan penggunaan vaksin Covid-19 produksi AstraZeneca dapat dilanjutkan dalam program vaksinasi nasional. Efek samping yang muncul dari penggunaan vaksin ini dinyatakan bersifat ringan, termasuk pada efek samping yang ditemukan pada sejumlah penerima vaksin di Sulawesi Utara.

Ketua Komisi Nasional Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (Komnas KIPI) Hindra Irawan Satari mengatakan, kajian serta investigasi terhadapi laporan adanya KIPI pada penggunaan vaksin Covid-19 AstraZeneca di Sulawesi Utara sudah dilakukan bersama dengan pihak terkait. Dari kajian tersebut diketahui, reaksi yang muncul tergolong ringan. Sebagian KIPI yang terjadi pun terkait dengan kecemasan dari adanya faktor biopsiko-sosial.

Editor:
Bagikan
Memuat data..