logo Kompas.id
InternasionalAnak-anak Muda Tak Punya...
Iklan

Anak-anak Muda Tak Punya Pilihan Selain ”Hidup di Ujung Tanduk”

Generasi milenial dan Z berjibaku menyiasati tekanan dalam pendapatan yang tidak mencukupi kebutuhan mereka sehari-hari.

Oleh
LUKI AULIA
· 7 menit baca
Dua perempuan membawa kantong belanja barang mewah di Wall Street, New York, Amerika Serikat, pada 30 Juli 2020.
AP PHOTO/MARK LENNIHAN

Dua perempuan membawa kantong belanja barang mewah di Wall Street, New York, Amerika Serikat, pada 30 Juli 2020.

Kekayaan anak-anak muda dari generasi milenial (kelahiran 1981-1996) dan generasi Z (1997-2012) di Amerika Serikat sebenarnya terus bertambah. Namun, sebagian besar uang mereka dibelanjakan untuk ”kebutuhan saat ini saja” atau pengeluaran sehari-hari yang lebih mahal.

Ada pengeluaran yang penting dan harus mereka alokasikan, seperti sewa rumah, tetapi ada pula kemewahan lain yang tidak bisa mereka tahan, seperti jalan-jalan ke luar kota atau luar negeri. Anak-anak muda itu tetap membutuhkan jalan-jalan dengan alasan mau menikmati hidup, terutama setelah melewati masa pandemi Covid-19 dan terbelit utang pinjaman kuliah yang sangat besar.

Editor:
MUHAMMAD SAMSUL HADI
Bagikan
Logo Kompas
Logo iosLogo android
Kantor Redaksi
Menara Kompas Lantai 5, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 5347 710
+6221 5347 720
+6221 5347 730
+6221 530 2200
Kantor Iklan
Menara Kompas Lantai 2, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 8062 6699
Layanan Pelanggan
Kompas Kring
+6221 2567 6000