logo Kompas.id
InternasionalImpian Kebebasan di Gerbang...
Iklan

Impian Kebebasan di Gerbang Kedamaian Surgawi

Setiap siapa saja yang ke Beijing, jalan-jalan ke Lapangan Tiananmen seperti menjadi salah satu menu wajib selain Kota Terlarang dan Tembok Besar China. Lapangan itu menjadi saksi sejarah penting bagi perkembangan China.

Oleh
LUKI AULIA
· 6 menit baca
Gerbang Tiananmen memisahkan Lapangan Tiananmen dengan Kota Terlarang. Lapangan Tiananmen dibuka gratis untuk publik tetapi sebelum masuk harus menunjukkan identitas diri terlebih dahulu.
KOMPAS/LUKI AULIA

Gerbang Tiananmen memisahkan Lapangan Tiananmen dengan Kota Terlarang. Lapangan Tiananmen dibuka gratis untuk publik tetapi sebelum masuk harus menunjukkan identitas diri terlebih dahulu.

"Di sini dulu sering jadi tempat demo anak-anak muda dan mahasiswa, termasuk peristiwa 1989. Mungkin karena itu, penjagaan ketat dan penjaganya banyak sekali". Terdengar komentar dari salah satu wartawan peserta program Pusat Komunikasi Pers Internasional China (CIPCC) yang diinisiasi Asosiasi Diplomasi Publik China, pekan lalu. Memang betul. Di depan tempat berdiri yang mengarah ke Gerbang Tiananmen, terlihat enam polisi berjalan mondar-mandir mengawasi pengunjung dan empat tentara yang berdiri diam berjaga seperti di depan Istana Buckingham; dua menghadap ke Gerbang Tiananmen dan dua lagi menghadap ke Monumen Pahlawan Rakyat.

Sebelum masuk ke kompleks Lapangan Tiananmen, penjagaan juga ketat. Memang tidak dipungut biaya masuk tetapi siapa pun yang masuk harus memindai dan menunjukkan identitas diri terlebih dahulu dan melewati pemeriksaan keamanan lengkap dengan alat pemindai barang. Selepas itu, boleh bebas berkelana di dalam Lapangan Tiananmen selama tidak melewati pagar-pagar pembatas yang terpasang. Lapangan Tiananmen ini mirip dengan Lapangan Monumen Nasional (Monas) di Jakarta atau the Mall, lapangan di Washington, D.C., Amerika Serikat, yang berbatasan dengan Gedung Putih, Lincoln Memorial, dan membentang dari Monumen Washington ke Gedung Capitol.

Editor:
BONIFASIUS JOSIE SUSILO HARDIANTO
Bagikan
Logo Kompas
Logo iosLogo android
Kantor Redaksi
Menara Kompas Lantai 5, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 5347 710
+6221 5347 720
+6221 5347 730
+6221 530 2200
Kantor Iklan
Menara Kompas Lantai 2, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 8062 6699
Layanan Pelanggan
Kompas Kring
+6221 2567 6000