logo Kompas.id
InternasionalMode ”Meta”: Dirancang di...
Iklan

Mode ”Meta”: Dirancang di Dunia Maya, Dijual di Dunia Nyata

Jika tak yakin produk mode akan laku terjual di dunia nyata, produk itu bisa dipamerkan di dunia digital terlebih dahulu. Jika ada minat, barulah diproduksi untuk dunia nyata. Cara ini makin diminati dunia mode.

Oleh
Luki Aulia
· 4 menit baca
https://cdn-assetd.kompas.id/1mzVPamiS-1kBgWrtCSheW9nP6A=/1024x681/https%3A%2F%2Fkompas.id%2Fwp-content%2Fuploads%2F2018%2F05%2F20171115eld3.jpg
Kompas/Didit Putra Erlangga Rahardjo

Pengunjung memainkan ”Farpoint” yang dioptimalisasikan untuk menggunakan teknologi realitas virtual dengan Playstation VR, Rabu (15/11). Meskipun mampu menghadirkan pengalaman yang menyeluruh bagi penggunanya, teknologi ini sulit dijalankan dalam waktu singkat oleh sebagian pemain karena mabuk atau motion sickness.

Batas antara dunia digital dan dunia nyata semakin tipis. Apalagi di industri mode. Sebelum menjual produk ke pasar atau publik di dunia nyata, para perancang memanfaatkan platform daring dan metaverse untuk mengembangkan produknya.

Prosesnya dimulai dari sketsa sampai produksi barang di dunia digital. Ambil contoh sepatu, perancang akan membuat sketsa sepatu sampai memakaikan sepatunya pada avatar mereka di platform daring. Setelah itu, jika dianggap bagus dan menarik minat, barulah sepatu itu diproduksi dan dijual di dunia nyata. Cara ini dianggap lebih murah dan berisiko kecil.

Editor:
Fransisca Romana
Bagikan
Logo Kompas
Logo iosLogo android
Kantor Redaksi
Menara Kompas Lantai 5, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 5347 710
+6221 5347 720
+6221 5347 730
+6221 530 2200
Kantor Iklan
Menara Kompas Lantai 2, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 8062 6699
Layanan Pelanggan
Kompas Kring
+6221 2567 6000