logo Kompas.id
InternasionalAliansi Quad Tekankan Indo-Pasifik yang Bebas dan Terbuka

Aliansi Quad Tekankan Indo-Pasifik yang Bebas dan Terbuka

Negara-negara Quad menegaskan kembali komitmennya terhadap kawasan Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka meski harus melipatgandakan postur keamanannya. Jepang menghormati keputusan Australia membeli kapal selam nuklir.

Oleh Mahdi Muhammad
· 1 menit baca
Memuat data...
AP PHOTO/EVAN VUCCI

Presiden AS Joe Biden, PM India Narendra Modi, PM Jepang Yoshihide Suga, dan PM Australia Scott Morrison bertemu di Gedung Putih untuk membahas kerja sama negara-negara Quad, Jumat (24/9/2021). Quad kembali menekankan komitmen terhadap Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka.

WASHINGTON, SABTU — Di tengah kritikan penciptaan kembali suasana Perang Dingin, empat negara anggota aliansi Quad, yaitu Amerika Serikat, Jepang, India, dan Australia, bertemu di Gedung Putih, Jumat (24/9/2021) waktu setempat atau Sabtu (25/9) WIB. Para pemimpin negara Quad kembali menekankan keinginan mereka terhadap keamanan, kemakmuran, kebebasan, dan keterbukaan kawasan Indo-Pasifik di samping menekankan kerja sama lain, mulai dari produksi dan distribusi vaksin Covid-19, energi bersih, hingga antariksa.

Dalam pernyataannya, dikutip dari laman resmi Gedung Putih, Presiden AS Joe Biden menyebut, AS bersama ketiga mitra negara demokrasi di Asia kembali membuat komitmen untuk memajukan agenda bersama dan positif di kawasan Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka. Dia menilai, kerja sama yang dijalani telah membuat kemajuan yang sangat baik.

Editor: Fransisca Romana
Bagikan