logo Kompas.id
InternasionalTaiwan Alirkan Investasi ke Asia Tenggara

Taiwan Alirkan Investasi ke Asia Tenggara

Tanpa perjanjian perdagangan bebas bukan berarti halangan kerja sama ekonomi. Ini berlaku juga untuk Taiwan-ASEAN. Apalagi mayoritas negara-negara di Asia Tenggara menganut prinsip Satu China.

Oleh Laraswati Ariadne Anwar
· 1 menit baca
Memuat data...
KOMPAS/MUCHAMAD ZAID WAHYUDI

Halal City Mart di Kota Taitung, tenggara Taiwan menjadi salah satu restoran yang menyediakan makanan halal di Taitung, Senin ( 29/7/2019). Keberadaan restoran halal itu sangat membantu wisatawan muslim yang berkunjung ke Taitung meski penduduk muslim di kota itu hanya sekitar 300 orang dan didominasi pekerja migran Indonesia.

JAKARTA, KOMPAS – Negara-negara ASEAN tidak memiliki perjanjian perdagangan bebas dengan Taiwan. Mayoritas anggota ASEAN pun mengikuti prinsip Satu China. Akan tetapi, hal ini tidak menghentikan pertumbuhan investasi langsung serta kerjasama ekonomi mutualisme antara kedua belah pihak.

Hal ini mengemuka dalam diskusi bertajuk, “Meningkatkan Investasi Taiwan di ASEAN” yang digelar The Habibie Center secara daring, Selasa (7/9/2021). Dalam forum itu ditekankan bahwa nilai yang menentukan kerja sama Taiwan dengan ASEAN ialah fleksibilitas dalam penanaman modal serta peningkatan mutu dan produktivitas.

Editor: Laksana Agung Saputra
Bagikan
Memuat data..