logo Kompas.id
InternasionalChina Tambah Ratusan Peluncur Rudal Nuklir di Dekat Xinjiang

China Tambah Ratusan Peluncur Rudal Nuklir di Dekat Xinjiang

China ditaksir mempunyai 1.250 rudal menengah dan rudal jelajah yang dapat diluncurkan dari darat dengan jangkauan hingga 5.500 km. Namun, Beijing menolak dilibatkan dalam perjanjian pengendalian senjata nuklir AS-Rusia.

Oleh kris mada
· 1 menit baca
Memuat data...
REUTERS/JASON LEE

Rudal balistik antarbenua (ICBM) milik China, Dongfeng-41 (DF-41), dipamerkan dalam parade militer untuk merayakan 70 tahun berdirinya Republik Rakyat China, di Beijing, China, Selasa (1/10/2019). Pada Juli 2021, terungkap China tengah membangun hingga 250 peluncur ICBM di tiga lokasi.

WASHINGTON, SELASA — Pembangunan fasilitas peluncur rudal antarbenua milik China kembali terungkap. Jika seluruh fasilitas itu selesai, China akan mempunyai tiga lokasi peluncuran dengan sedikitnya 250 peluncur rudal yang sebagian bisa dilengkapi dengan hulu ledak nuklir.

Lokasi terbaru fasilitas peluncur rudal antarbenua milik China itu diungkap dua peneliti Federation of American Scientist (FAS) pada Senin (26/7/2021) siang waktu Washington DC atau Selasa dini hari WIB. Peneliti FAS, yakni Matt Korda dan Hans M Kristensen, memeriksa citra satelit di sekitar Hami, salah satu kota di pinggiran Xinjiang, China bagian barat.

Editor: samsulhadi
Bagikan