logo Kompas.id
InternasionalASEAN dan RI Buka Peluang bagi Pakistan Tingkatkan Hubungan

ASEAN dan RI Buka Peluang bagi Pakistan Tingkatkan Hubungan

Perlu pengenalan ASEAN, termasuk Indonesia, yang lebih intensif kepada publik yang lebih luas di Pakistan. Negara itu belum melihat ASEAN dan Indonesia sebagai pasar potensial.

Oleh Pascal S Bin Saju
· 1 menit baca
Memuat data...
KBRI ISLAMABAD, PAKISTAN

Acara dialog dengan para pakar untuk membahas kerja sama ASEAN-Pakistan, yang melibatkan kepala perwakilan negara-negara anggota ASEAN di Islamabad, Rabu (9/6/2021). Dialog diselenggarakan KBRI Islamabad dan Center for Global and Strategic Studies (CGSS).

ISLAMABAD, KAMIS — ASEAN telah membuka peluang bagi Pakistan untuk bisa meningkatkan hubungan dengan ASEAN melalui negara-negara anggotanya. Dalam konteks ini, Indonesia melalui KBRI di Islamabad berupaya memaksimalkan peningkatan hubungan ekonomi dan perdagangan Indonesia-Pakistan serta ASEAN-Pakistan di tengah tantangan pandemi Covid-19.

ASEAN yang memiliki populasi sekitar 650 juta jiwa dengan produk domestik bruto (PDB) sebesar 2,9 triliun dollar AS merupakan ekonomi terbesar kelima di dunia. Artinya, ASEAN adalah pasar potensial yang dapat dimanfaatkan Pakistan dalam memajukan hubungan ekonomi dan perdagangan. Namun, neraca perdagangan ASEAN-Pakistan masih kecil, yakni 8 miliar dollar AS.

Editor: Fransisca Romana Ninik W
Bagikan
Memuat data..