logo Kompas.id
InternasionalTeheran Tetap Ingin AS Cabut Sekaligus Semua Sanksi Atas Iran

Teheran Tetap Ingin AS Cabut Sekaligus Semua Sanksi Atas Iran

Juru bicara Kemenlu Iran, Saeed Khatibzadeh, mengatakan bahwa Teheran menentang pelonggaran sanksi atas Teheran secara bertahap. Kebijakan definitif Republik Islam Iran adalah mencabut semua sanksi Amerika Serikat.

Oleh BENNY D KOESTANTO
· 1 menit baca
Memuat data...
IRANIAN PRESIDENCY OFFICE VIA AP

Presiden Iran Hassan Rouhani mendengarkan penjelasan tentang capaian-capaian nuklir Iran dalam peringatan Hari Nuklir Nasional di Teheran pada 9 April 2018. Iran tampak bergeming dengan sikapnya agar sanksi atas Teheran dibebaskan sepenuhnya sebagai bagian dari kesepakatan berlanjutnya negosiasi dengan sejumlah negara Barat.

PARIS, SABTU — Pemerintah Iran ingin Amerika Serikat mencabut sekaligus semua sanksi atas Iran dan menolak pelonggaran secara bertahap sanksi tersebut. Keinginan itu ditegaskan Kementerian Luar Negeri Iran kepada perwakilan Pemerintah Perancis di tengah desakan Paris agar Pemerintah Iran menunjukkan sikap konstruktif dalam pembicaraan tidak langsung dengan Washington di Vienna, Australia, menjelang akhir pekan mendatang.

Juru bicara Kemenlu Iran, Saeed Khatibzadeh, mengatakan bahwa Teheran menentang pelonggaran sanksi atas Teheran secara bertahap. ”Tidak ada rencana langkah demi langkah yang sedang dipertimbangkan (Teheran),” kata Khatibzadeh kepada stasiun televisi negara Press TV. ”Kebijakan definitif Republik Islam Iran adalah mencabut semua sanksi AS.”

Editor: Nasru Alam Aziz
Bagikan
Memuat data..